Info

Jangan Keseringan Makan Petai Jika Tak Mau Alami Hal Ini

Siapa nih yang sering makan petai?

Agung Pratnyawan | Yuliana Sere

Petai (Pinterest)
Petai (Pinterest)

Himedik.com - Petai menjadi salah satu makanan favorit orang Indonesia. Hampir di setiap rumah makan menyediakan makanan dengan bau yang khas ini.

Harga yang relatif terjangkau serta rasanya yang gurih dan bisa dicampur dalam hampir setiap masakan membuat makanan ini menjadi hidangan the best bagi setiap penggemarnya.

Namun apakah kamu tahu efek kebanyakan makan petai?

Ya, tidak hanya enak, kebanyakan makan petai juga bisa berdampak pada kesehatan. Berikut ulasannya.

1. Gagal ginjal

Terlalu banyak makan petai bisa menyebabkan gagal ginjal. Petai mengandung asam amino, sulfur yang sedikit beracun dan asam djenkolic.

Jumlah sulfur yang terlalu banyak dikonsumsi bisa mengakibatkan asam urat, osbtruksi kemih, serta gagal ginjal akut.

Ilustrasi ginjal. (shutterstock)
Ilustrasi ginjal. (Pinterest)

2. Asam urat naik

Kadar asam urat bisa tinggi jika kamu keseringan makan petai. Petai juga mengandung purin yang jika dikonsumsi terus-menerus bisa mengakibatkan kadar asam urat naik.

3. Sakit kepala

Petai yang dikonsumsi berlebihan bisa membuat seseorang sakit kepala. Itulah sebabnya jangan keseringan dan kebanyakan makan petai ya.

Rematik. (unsplash)
Rematik. (unsplash)

4. Rematik

Rematik adalah salah satu efek yang bisa dirasakan jika makan kebanyakan petai. Cobalah untuk sesekali menghindari lalapan lezat nan menggoda ini. Pilih lalapan lain sebagai penggantinya.

5. Sakit perut

Beberapa orang memilih untuk mengonsumsinya secara mentah. Ini bisa berefek pada sakit perut jika tidak dibersihkan secara benar. Kandungan karbohidrat kompleks dalam petai juga bisa menyebabkan gas berlebih pada perut.

Beberapa hal tadi merupakan efek jika kamu makan petai terlalu sering dan dalam porsi besar selain kamu bisa mengalami masalah bau mulut.

Berita Terkait

Berita Terkini