Info

Kopi dengan Gula Aren Vs Gula Putih, Mana yang Lebih Sehat?

Kamu seringnya pakai yang mana nih?

Angga Roni Priambodo | Yuliana Sere

Ilustrasi kopi. (pixabay)
Ilustrasi kopi. (pixabay)

Himedik.com - Tren gula aren sebagai pemanis pada kopi saat ini sudah mulai menjamur. Racikan ini tentu bisa menimbulkan cita rasa sendiri bagi para penggemar kopi.

Gula aren pun semakin banyak peminatnya, namun tak sedikit juga yang masih mempertahankan rasa manis dari gula putih pada kopi.

Lalu, di antara kedua jenis gula ini manakah yang lebih sehat?

Sebuah studi menjelaskan gula aren mengandung vitamin B2 (riboflavin) yang berfungsi untuk membentuk sel-sel sehat, vitamin B1, asam folat dan vitamin B8.

Gula arena kaya akan tembaga, mangan, zat besi, sink, fosfor, kalium dan sedikit antioksidan seperti antosianidin, flavonoid dan polifenol.

Secangkir kopi. (unsplash)
Secangkir kopi. (unsplash)

Sementara itu, gula putih hampir tidak mengandung gizi sama sekali, namun mengandung tinggi kalori.

Untuk tingkatan glikemik, gula aren berada di posisi 35 sedangkan gula putih 100. Ini menunjukkan gula putih lebih cepat menaikkan gula darah.

Meski gula aren memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi, bukan berarti kamu lebih bebas mengonsumsi kopi.

Tetap batasi jumlah gula sehingga tidak menimbulkan risiko penyakit sepeti diabetes. Jumlah kopi per hari juga tetap harus kamu perhatikan.

Akan lebih baik jika kamu minum 2 hingga 3 cangkir kopi saja. Jangan pula minum saat perut kosong atau tengah malam yang bikin kamu sulit tidur.

Berita Terkait

Berita Terkini