Info

Hati-hati! FDA Temukan Listeria pada Kulit Alpukat

Makan makanan yang terkontaminasi Listeria dapat menyebabkan listeriosis

Rendy Adrikni Sadikin | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Alpukat. (pixabay/stevepb)
Alpukat. (pixabay/stevepb)

Himedik.com - Awal Desember lalu, FDA (Food and Drug Administration) mengumumkan bahwa hampir 18 persen kulit alpukat yang diambil oleh FDA dari tahun 2014 hingga 2016 positif mengandung Listeria. Sedangkan kurang dari 1 persen sampel ekstrak yang mana merupakan bagian yang dimakan, positif mengandung bakteri berbahaya.

Hal ini tidak boleh diabaikan karena makan makanan yang terkontaminasi Listeria dapat menyebabkan listeriosis, yaitu infeksi Listeria yang dapat berujung kematian. Orang yang paling berisiko terinfeksi Listeria adalah wanita hamil, orang tua, dan orang yang sistem imunnya lemah.

Maka dari itu, FDA mengimbau untuk mencuci alpukat terlebih dahulu dengan air mengalir dan menggosoknya hingga bersih sebelum memotong atau mengupasnya. Karena memotong alpukat yang tidak dicuci akan membuat bakteri berpindah ke buah melalui pisau.

Alpukat. (pixabay/silverstylus)
Alpukat. (pixabay/silverstylus)

FDA juga menyarankan untuk rutin membersihkan kulkas serta dapur dengan sabun dan air hangat karena Listeria juga dapat menyebar dari makanan yang terkontaminasi ke permukaan dapur atau kulkas.

Buntut dari temuan ini, FDA telah memperingatkan produsen dan mengeluarkan perintah penarikan kembali jika diperlukan. Hanya apabila ada makanan yang diuji positif mengandung Listeria atau bakteri berbahaya lainnya.

Kamu yang suka makan alpukat mulai sekarang sebaiknya lebih berhati-hati ya. Ingat, cuci bersih dulu sebelum dipotong atau dikupas!

Berita Terkait

Berita Terkini