Info

FDA Larang Produsen Pewarna Rambut Menggunakan Bahan Asetat Timah

Larangan itu berlaku sejak Oktober lalu.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi pewarna rambut. (pixabat/ulleo)
Ilustrasi pewarna rambut. (pixabat/ulleo)

Himedik.com - Oktober lalu, FDA telah melarang penggunaan asetat timah dalam produk pewarna rambut. Hal ini merupakan tidak lanjut dari sebuah petisi yang digagas oleh kelompok pengawas konsumen dan merupakan keputusan final bahwa bahan tersebut tidak boleh digunakan lagi dalam semua produk kosmetik.

''Dalam hampir 40 tahun terakhir sejak asetat timah yang dulunya disetujui sebagai zat warna, tapi seiring berjalannya waktu pemahaman kami tentang bahaya paparan timah telah berkembang secara signifikan,'' kata Komisaris FDA Scott Gottlieb, MD.

''Kita sekarang tahu bahwa penggunaan asetat timah yang disetujui untuk pewarna rambut dewasa tidak lagi memenuhi standar keamanan kita.''

Kelompok Kerja Lingkungan adalah satu dari sekian banyak kelompok yang mengajukan petisi kepada FDA untuk larangan itu.

''Tidak ada tingkat paparan timah yang aman,'' kata Melanie Benesh, seorang pengacara legislatif di EWG.

Paparan timah dapat memiliki efek kesehatan yang serius, terutama untuk anak-anak. Termasuk mengurangi kesuburan, keracunan sistem organ, kanker, dan masalah lainnya.

Sebagian besar produsen sudah banyak yang beralih ke bahan lain untuk pewarnaan rambut, tetapi beberapa masih ada yang terus menggunakan timah.

Saat larangan itu beredar, FDA tidak memberikan daftar produk apa saja yang mengandung timah, tetapi mereka mengimbau konsumen untuk memeriksa kemasan produk. Jika produsen menggunakan timah, maka itu akan tercantum sebagai bahan.

Berita Terkait

Berita Terkini