Info

Waspada, 5 Penyakit Ini Kerap Datang saat Musim Liburan

Yuk, jaga kondisimu selama liburan.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yuliana Sere

Ilustrasi liburan aman dan sehat. (pixabay/rawpixel)
Ilustrasi liburan aman dan sehat. (pixabay/rawpixel)

Himedik.com - Selamat buat kamu yang saat ini sedang menikmati libur. Kumpul bareng keluarga, teman, sahabat atau pun pasangan memang terasa indah.

Menikmati libur juga boleh sepuasnya namun tetap perhatikan apa yang masuk ke tubuhmu. Makanan dan minuman yang kamu makan menjadi salah satu bahaya yang paling cepat bisa masuk ke tubuh.

Ada banyak penyakit yang bisa bikin kamu berisiko saat musim liburan. Berikut beberapa penyakit yang telah HiMedik rangkum dari berbagai sumber.

1. Luka atau luka bakar

Saat liburan, sebagian orang memilih untuk tinggal di rumah dan memperbaiki rumah. Pada saat seperti ini, tak jarang ada yang mengalami luka.

Bukan hanya luka gores atau luka lain karena tidak sengaja jatuh di jelan, melainkan juga luka bakar. Akibat terkena percikan minyak panas saat memasak camilan untuk keluarga, misalnya. Untuk itu, kamu harus lebih berhati-hati, ya.

2. Masalah perut

Ilustrasi perut kembung. (pixabay)
Ilustrasi perut kembung. (pixabay)

Kalau ini sepertinya sudah tidak perlu diragukan lagi. Berbagai jenis makanan di depan mata sepertinya terlalu sayang untuk dilewatkan adalah penyebab utamanya.

Mengonsumsi banyak makanan tanpa kontrol biasanya akan menyebabkan masalah pada perut, apalagi kalau kamu makan makanan yang berisiko menimbulkan gas.

3. Pilek atau flu

Saat ini, sudah memasuki musim dingin. Flu dan pilek kerap datang jika kamu tidak menjaga daya tahan tubuh dengan baik.

Pastikan kamu tetap mendapatkan cukup waktu untuk tidur. Meski kamu begadang, usahakan waktu tidurmu tetap 6 hingga 8 jam.

4. Asma

Ilustrasi sakit asma. (Shutterstock)
Ilustrasi sakit asma. (Shutterstock)

Selain flu dan pilek, penyakit yang cenderung datang di musim dingin adalah asma. Usahakan selalu siapkan inhaler untuk meringankan sakitmu.

5. Depresi

Meski musim liburan identik dengan saat yang menyenangkan, tidak menutup kemungkinan jika ada yang kehilangan seseorang yang dikasihi. Bisa saja ini menimbulkan rasa stres bahkan depresi.

Ada baiknya jika kamu jangan sendirian. Berkumpul dengan sahabat, keluarga atau teman bisa menjadi pilihanmu. Selamat menikmati libur!

Berita Terkait

Berita Terkini