Info

Lezat dan Nikmat, Ini 5 Manfaat Bayam bagi Kesehatan

Sering makan bayam, yuk!

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yuliana Sere

Sayur bayam (pexels)
Sayur bayam (pexels)

Himedik.com - Bayam bisa dikatakan sebagai superfood karena kandungan nutrisinya yang banyak dan sangat bermanfaat. Memangnya apa saja manfaat bayam?

Bayam mengandung vitamin A, C, B kompleks, K, dan E. Sedangkan untuk mineral, kandungan bayam antara lain magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium dan sodium. Bayam juga mengandung banyak serat dan antioksidan.

Berikut 5 manfaat bayam yang perlu kamu tahu.

1. Tingkat energi yang baik

Satu mangkuk sayur bayam memberikan 157 miligram magnesium. Ini sudah memenuhi 40 persen asupan harian berdasarkan rekomendasi.

Menurut direktur nutrisi Valerie Goldstein, MS, RD, mineral pada bayam bisa membantu mengangkut oksigen melalui sel darah merah sebagai proses pembentukan energi.

2. Penglihatan semakin baik

Makan bayam bisa mengurangi masalah penglihatan seperti katarak, regenerasi makula serta karena usia.

Menurut Scripps Research Institute, satu penelitian menjelaskan konsumsi tiga porsi bayam per minggu dikaitkan dengan risiko 43 persen lebih rendah terkena degenerasi makula.

Sayur bayam (pexels)
Sayur bayam (pexels)

3. Kulit dan rambut semakin sehat

''Bayam kaya akan vitamin A, nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi sebum agar rambut tetap lembab,'' kata Megan Ware, ahli gizi ahli gizi terdaftar yang berbasis di Orlando, Florida.

''Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut,'' katanya lagi.

4. Tulang semakin padat

Bayam adalah sumber kalsium dan vitamin K yang baik, dua nutrisi yang memainkan peran penting dalam kesehatan tulang.
Ini dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang. Ada baiknya menggabungkan bayam dengan kacang kedelai atau produk susu lain.

5. Risiko kanker berkurang

Manfaat bayam berikutnya adalah mengurangi resiko kanker. Konsumsi bayam dapat membantu melindungi tubuh terhadap resiko kanker mulut, kerongkongan, dan lambung. Selain itu, kandungan folat dan serat dalam sayuran ini juga bisa memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan.

Berita Terkait

Berita Terkini