Info

Ungkap Kepribadian Lewat Warna Favorit, Kamu yang Mana?

Warna diketahui bisa memberikan pengaruh terhadap psikologi seseorang lho.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Warna. (pixabay/ivanovgood)
Warna. (pixabay/ivanovgood)

Himedik.com - Setiap orang biasanya memiliki warna favoritnya masing-masing. Warna favorit tersebut bisa diaplikasikan pada pemilihan baju, sepatu, tas, dan lain sebagainya.

Warna diketahui bisa memberikan pengaruh terhadap psikologi seseorang. Serta menjadi bentuk komunikasi non verbal yang bisa mengungkapkan pesan secara instan.

Carl Gustav Jung, seorang psikolog dari Swiss, menjadikan warna sebagai alat penting dalam psikoterapinya. Jung meyakini setiap warna punya makna, kekuatan, dan potensi untuk memengaruhi.

Bahkan menurutnya warna menghasilkan efek tertentu pada produktivitas, emosi, hingga perubahan suasana hati seseorang. Dirinya juga membuktikan pengaruh warna bagi psikologi manusia.

Lalu seperti apa sih kepribadian kamu menurut warna favorit? Berikut ulasannya seperti yang dikutip dari laman Brightside.

1. Merah

Warna merah menunjukkan kegembiraan, gairah, dan kekuatan. Orang yang suka memakai baju warna merah bisa dikatakan sangat berenergi, mudah bergaul, dan terkadang sedikit egois.

Wanita berbaju merah. (pixabay/free-photos)
Wanita berbaju merah. (pixabay/free-photos)

2. Kuning

Kuning adalah warna kebahagiaan dan keceriaan. Bahkan ada hasil studi yang mengungkapkan jika warna kuning bisa meningkatkan produksi serotonin di otak yang bisa membuat suasana hati lebih ceria. Kamu yang suka warna kuning digambarkan sebagai pribadi aktif, kreatif, petualang, cerdas, dan juga pemimpi.

3. Hijau

Warna hijau membuat seseorang menjadi lebih tenang dan damai. Warna hijau juga membuat suasana hati menjadi lebih baik. Penyuka warna hijau adalah orang yang lembut, baik, peduli, dan memiliki finansial yang stabil.

4. Ungu

Di masa lalu ungu adalah warna untuk merepresentasikan bangsawan dan masyarakat yang status sosialnya lebih tinggi. Namun, saat ini penyuka warna ungu merupakan orang yang kreatif, berwawasan luas, mencintai seni, tapi cukup emosional dan sensitif lho.

5. Biru

Menurut psikolog, warna biru bisa memberikan efek yang menenangkan dan mereka yang menyukai warna biru biasanya suka ketenangan, dapat dipercaya, cerdas, dan sedikit pemalu.

Wanita berbaju biru. (pixabay/free-photos)
Wanita berbaju biru. (pixabay/free-photos)

6. Pink cerah

Warna ini dianggap tenang, hangat dan feminin. Menurut psikolog, orang yang suka menggunakan warna pink cerah adalah orang yang romantis, optimis, dan percaya diri.

7. Hitam

Menurut penelitian, orang yang suka warna hitam dianggap sebagai orang yang kuat, cerdas, ambisius, dan serius. Mereka yang suka memakai pakaian warna hitam juga mementingkan kualitas diri sendiri.

Nah, yang mana nih warna favorit kamu? Kira-kira sesuai dengan pribadi kamu ngga sih?

Berita Terkait

Berita Terkini