Info

Sudah Pakai Deodoran tapi Tetap Bau Badan? Begini Cara Atasinya

Ini bisa disebabkan oleh cara pemakaian deodoran yang keliru.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi ketiak basah. (pixabay/nicolagiordano)
Ilustrasi ketiak basah. (pixabay/nicolagiordano)

Himedik.com - Deodoran adalah solusi ampuh untuk menjaga ketiak tetap wangi dan tidak basah. Namun, cara memakainya yang salah bisa membuat keefektifannya hilang.

Seperti memakainya setelah mandi. Bisa dibilang semua orang pernah bahkan sering melakukannya. Padahal itu sebuah kesalahan besar lho.

Ini karena memakai deodoran saat kulit masih basah atau lembap dapat mengurangi keefektifannya. Begitu pula kalau memakainya berulang tanpa membersihkannya terlebih dahulu, efeknya sama. Nah, sudah jelas kalau seperti itu siap-siap bau badan deh.

Lalu bagaimana dong supaya wangi deodoran tahan lebih lama dan ngga bau badan?

Seorang asisten profesor klinik dermatologis di New York, bernama David Bank mengatakan bahwa memakai deodoran pada malam hari sebelum tidur bisa menjaga tubuh tetap wangi dan ketiak kering seharian. 

Dikutip dari Bustle seperti yang dilaporkan Allure, antiperspirant (zat yang dapat mengurangi keringat) bisa berfungsi maksimal  saat digunakan pada malam hari sebelum tidur ketika kulit kering.

Ilustrasi pakai deodoran. (Shutterstock)
Ilustrasi pakai deodoran. (Shutterstock)

Lebih lanjut David mengatakan bahwa kemungkinan besar deodoran atau antiperspirant gagal masuk ke kelenjar keringat karena orang-orang menggunakannya saat kulit lembap seperti usai mandi, di situlah air menghalangi.

Perlu diketahui, produk deodoran dan antiperspirant mengandung garam aluminum. Garam tersebut membentuk sumbatan dalam kelenjar keringat yang akan mencegah dan memperlambat produksi keringat di ketiak.

Nah, ketika deodoran atau antiperspirant dipakai setelah mandi dan ketiak masih basah atau lembap, garam tersebut tidak bisa menutup kelenjar keringat sehingga efeknya kurang optimal.

Jadi, sudah jelas kan mengapa kamu tetap bau badan walau sudah pakai deodoran? Mulai sekarang pakai yang benar ya.

Berita Terkait

Berita Terkini