Info

Tangan Buddha, Buah Jeruk Unik yang Berkhasiat

Buah ini memiliki jari-jari yang cukup banyak.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Buah Tangan Buddha. (pixabay/KKristie)
Buah Tangan Buddha. (pixabay/KKristie)

Himedik.com - Buah jeruk biasanya berbentuk bulat dengan ukuran sekitar sekepalan tangan. Ketika dikupas, akan terlihat daging buah berwarna oranye yang dibalut dengan serat putih kulit bagian dalam.

Meski jeruk memiliki banyak varietas seperti jeruk nipis dan bali, ketiganya memiliki bentuk yang relatif sama. Hanya ukurannya yang berbeda, lebih kecil atau lebih besar.

Namun, kali ini ada yang unik. Jeruk satu ini memiliki bentuk seperti jari-jari. Bukan karena mutasi gen atau hal lain, tapi memang jenisnya yang seperti itu.

Dikenal dengan sebutan Tangan Buddha, buah ini berwarna oranye dengan jari-jari yang menjuntai sebanyak 5 hingga 25 jari. Bentuk jari tersebut, merupkan penonjolan dari kulit buah yang benjol dan tebal, lalu memanjang menjadi bentuk yang menyerupai tangan.

Buah Tangan Buddha. (pixabay/KKristie)
Buah Tangan Buddha. (pixabay/KKristie)

 

Tanaman bernama latin Citrus Medica var. sarcodactylis ini hampir tidak memiliki daging buah, air, dan biji. Namun, kulitnya mengandung minyak atsiri yang mana biasanya zat tersebut digunakan sebagai pijat terapi, perawatan rambut, tubuh, kecantikan, dan penyegar ruangan.

Meski tidak bisa dimakan langsung, buah Tangan Buddha memiliki berbagai manfaat. Kulitnya bisa dipotong dan diiris untuk dijadikan campuran salad atau menghilangkan aroma amis ikan.

Sejauh ini belum banyak penelitian yang menunjukkan manfaat Tangan Buddha untuk kesehatan. Namun, seperti keluarganya, buah ini juga mengandung vitamin C yang mana berperan sebagai antioksidan alami.

Wah, unik juga ya. Pernah lihat langsung buah Tangan Buddha ini?

Berita Terkait

Berita Terkini