Info

4 Khasiat Es untuk Wajah, Pulihkan Jerawat hingga Kulit Berminyak

Es batu juga manjur untuk pengelupasan kulit mati.

Dinar Surya Oktarini | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

ilustrasi es batu - (Pixabay/Hans)
ilustrasi es batu - (Pixabay/Hans)

Himedik.com - Tak butuh obat-obatan, beberapa masalah wajah ternyata bisa diatasi dengan cara sederhana. Yang kamu butuhkan hanyalah es batu.

Hanya dengan es batu, kamu bisa mengempiskan jerawat hingga mengurangi minyak wajah. Enggak percaya? Coba saja langkah-langkah yang dikutip dari NDTV berikut ini:

1. Mengempiskan jerawat

Es batu mungkin tidak sepenuhnya menyembuhkan kulitmu yang berjerawat, tetapi dengan es, kamu bisa membuatnya kempis. Air putih yang membeku ini membantu mendinginkan kulitmu yang meradang hingga menjadi jerawat.

Namun, sebelumnya pastikan dulu kamu sudah berkonsultasi dengan dokter kulit. Jika kulitmu sensitif, memijitkan es pada wajah dapat memperburuk kerja bakteri.

Cara pemakaian: Cuci muka dan keringkan dengan handuk. Ambil handuk kertas yang bersih dan gunakan untuk membungkus es batu. Lalu letakkan tepat di atas jerawat selama sekitar satu menit. Ulangi proses ini setelah lima menit. Jika kamu punya minyak esensial, tambahkan setetes ke handuk yang diisi dengan es batu dan ulangi. Pastikan kamu cukup istirahat.

2. Eksfoliasi kulit

Es batu juga merupakan obat yang manjur untuk eksfoliasi atau pengelupasan kulit mati. Proses eksfoliasi bertujuan mengangkat sel kulit mati dari permukaan epidermis.

Gantilah air dengan susu lalu bekukan. Kamu juga bisa menambahkan blueberry dan mentimun di tiap bloknya.

Asam laktat dalam susu dapat menggosok sel-sel mati hingga terkelupas. Sedangkan sntioksidan yang ada dalam blueberry dan mentimun juga akan membantu mengangkat kulit wajahmu agar tidak kendur.

ilustrasi jerawat. (skinconcept.com.mx)
ilustrasi jerawat. (skinconcept.com.mx)

Cara pemakaian: Ambil handuk, pijatkan es batu susu secara lembut pada kulitmu sampai mencair. Cucilah wajahmu dengan air setelah dipijat.

3. Mengurangi minyak di wajah

Es batu membantu menghentikan sekresi minyak pada kulit serta membuat kulitmu segar dan bebas minyak dalam sekejap.

Cara pemakaian: Setelah cuci muka, gosok wajahmu dengan es batu yang dibungkus handuk kertas, atau handuk apa pun yang terbuat dari kain tipis. Setelah minyak berkurang, kamu mungkin perlu mengoleskan sedikit pelembap. Untuk membuatnya lebih menyegarkan, coba gunakan es batu mint. Dalam baki es tuangkan air, dan di setiap blok, letakkan daun mint.

4. Memulihkan mata bengkak

Bekerja lembur atau kelelahan terkadang membuat mata bengkak, sehingga wajah terlihat tidak segar. Untuk mengatasinya, kamu bisa memakai es batu air, susu, atau teh hijau yang kaya antioksidan, dan oleskan di sekitar matamu yang bengkak.

Namun, waspadalah, jangan terlalu lama menempelkannya di sekitar mata. Menggunakan es yang sangat dingin langsung dari kulkas bisa merusak kulit yang sensitif karena bisa menempel pada kulit dan menyebabkan rasa sakit.

Cara pemakaian: Cuci muka dan keringkan dengan handuk. Bungkus es batu dengan handuk kertas dan tekan sebentar es batu pada matamu dengan lembut. Lanjutkan proses ini selama sekitar 10 menit, lalu keringkan wajah dengan handuk.

Berita Terkait

Berita Terkini