Wanita

Cegah Payudara Mengendur Pasca Kehamilan dengan 5 Cara Ini

Mungkin Moms mengira payudara mengendur karena menyusui.

Dinar Surya Oktarini | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

ilustrasi ibu hamil - (Unsplash/Pablo Heimplatz)
ilustrasi ibu hamil - (Unsplash/Pablo Heimplatz)

Himedik.com - Payudara yang mengendur setelah kehamilan merupakan hal yang umum terjadi pada para ibu. Kondisi ini memiliki istilah medis yang disebut sebagai ptosis.

Mungkin Moms mengira bahwa menyusui anaklah yang menyebabkan pengenduran ini. Faktanya, dikutip dari Momjunction, payudara Moms sudah mulai mengendur sejak kehamilan.

Di sisi lain, payudara mengendur juga bisa disebabkan oleh bentuk payudara Moms sebelum kehamilan. Kebiasaan merokok pun juga dapat memengaruhi ukuran payudara Moms.

Payudara Moms selama ini ditopang oleh ligamen. Ketika Moms hamil, payudara menjadi lebih penuh dan lebih berat, sehingga ligamen meregang dan akhirnya membuat payudara melorot.

Perubahan akan lebih terlihat jika Moms memiliki payudara yang lebih besar. Begitu juga jika Moms sudah melalui kehamilan lebih dari satu kali, perubahan yang sangat kentara pada payudara pun bisa terjadi.

Maka dari itu, Moms ikuti saja lima cara berikut untuk mencegah payudara kendur pasca-kehamilan:

1. Kenakan bra yang menopang payudara dan area sekitarnya dengan baik

Seringkali, Moms mungkin tidak tahu ukuran bra yang benar lalu mengenakan yang lebih kecil atau lebih besar. Maka dari itu, minta saja bantuan di konter pakaian dalam untuk memahami ukuran bra dan cup yang ideal untuk Moms.

Ukuran cup yang tepat akan memastikan payudara Moms tidak 'tumpah'. Selain itu, gunakan tali yang lebih lebar dan cari pita penopang di bagian bawah payudara Moms.

2. Jangan menambah kelebihan berat badan

Berat badan Moms akan bertambah saat hamil. Moms pun harus memperhatikan jumlah kenaikan berat badan itu.

Biasanya berat badan Moms bertambah antara 11 hingga 16 kg selama kehamilan. Jika Moms kekurangan berat badan sebelum hamil, mungkin perlu menambah dulu sampai ideal sesuai saran dokter.

ilustrasi yoga - (Unsplash/bruce mars)
ilustrasi yoga - (Unsplash/bruce mars)

 

3. Rajin berolahraga

Setelah dokter mengizinkan, Moms harus terus berolahraga secara teratur. Melalui cara ini, kenaikan berat badan dan kebugaran Moms selama kehamilan bisa terus dijaga.

Moms bisa melakukan latihan sederhana seperti berjalan atau berlatih yoga. Jika sebelumnya sudah terbiasa berenang, tanyakan dulu pada dokter, apakah Moms boleh melanjutkan.

4. Jaga kelembapan kulit

Pastikan Moms secara teratur menjaga kelembapan kulit, terutama payudara. Dengan begitu, kulit Moms akan tetap kenyal dan kembali seperti semuala setelah mengalami peregangan selama kehamilan.

Moms bisa mencoba krim dan pelembap yang khusus digunakan selama kehamilan. Jika sulit didapat, krim atau lotion perawatan kulit biasa juga bisa dijadikan alternatif.

5. Turunkan berat badan secara perlahan

Setelah Moms melahirkan dan berencana untuk menurunkan berat badan, lakukan secara perlahan. Moms mungkin ingin cepat-cepat menurunkan semua kelebihan berat badan.

Namun, hal ini bisa membuat payudara Moms semakin kendur. Sebaliknya, jika dilakukan secara perlahan, kulit Moms akan mendapatkan waktu yang dibutuhkan untuk beradaptasi dengan perubahan.

Berita Terkait

Berita Terkini