Info

Suka Makan Wortel? Ini 5 Manfaat Kesehatan yang Bisa Kamu Dapat

Yuk, rajin makan wortel!

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Manfaat wortel. (unsplash/@Harshal S. Hirve)
Manfaat wortel. (unsplash/@Harshal S. Hirve)

Himedik.com - Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang kerap kita jumpai. Selain dibuat sayur, tanaman ini juga bisa dimakan langsung atau dibuat jus.

Khasiat wortel juga dipercaya bisa mengurangi minus pada mata. Tidak hanya itu, kandungan gizi yang ada dalam wortel juga bisa membantumu mencegah beberapa penyakit.

Dilansir dari medical daily, berikut lima manfaat yang bisa kamu dapat jika sering mengonsumsi wortel.

1. Kesehatan jantung

Wortel tinggi serat larut. Tanaman ini dapat mengurangi kadar LDL dan meningkatkan HDL dalam darah kita. Ini dapat mengurangi risiko pembekuan darah yang terkait komplikasi jantung.

"Wortel dapat mengurangi kolesterol, membantu menurunkan tekanan darah, dan beberapa penelitian mengatakan wortel bisa membantu mencegah stroke," kata Dr. Martha Gulati, MD, direktur departemen kardiologi di University of Arizona.

Wortel. (pixabay)
Wortel. (pixabay)

2. Baik untuk mata

Sebenarnya, wortel tidak memperbaiki penglihatan namun memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata. Pasalnya, satu cangkir wortel bisa mengandung lebih dari 26 ribu nutrisi.

3. Pencegahan penyakit

Sama seperti bayam, wortel yang sudah dimasak bisa memberikan dorongan antioksidan yang lebih besar dibandingkan dengan wortel mentah.

Nutrisi dalam wortel isa memperlambat penuaan sel dan melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Menurut BitroMD, paparan radikal bebas dikaitkan dengan peningkatan risiko berbagai kondisi seperti kardiovaskular, kanker, alzheimer dan sebagainya.

4. Rendah kalori

Wortel merupakan camilan yang cocok buat kamu yang ingin menurunkan berat badan. Satu wortel ukuran medium bisa mengandung 25 kalori. Beberapa penelitian menyatakan mengunyah wortel mampu mengurangi keinginan untuk makan makanan cepat saji.

5. Penyembuhan luka

Selain vitamin A, wortel juga kaya antioksidan dan vitamin C. Kata ahli diet terdaftar Lisa Samuels, vitamin C penting dalam penyembuhan luka karena diperlukan untuk produksi kolagen, protein utama yang ditemukan di kulit dan jaringan ikat.

"Sebagai antioksidan, wortel juga mampu mencegah kerusakan sel dalam tubuh," tambah Samuels.

Berita Terkait

Berita Terkini