Info

Bagus untuk Wanita, Tidur yang Lama Justru Tak Baik untuk Kesehatan Pria

Untuk pria, tidur yang lama justru memiliki efek berbahaya.

Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

ilustrasi pria dan wanita tidur - (Pixabay/sasint)
ilustrasi pria dan wanita tidur - (Pixabay/sasint)

Himedik.com - Tidur yang lama ternyata baik bagi kesehatan wanita. Sebaliknya, untuk pria, tidur yang lama justru memiliki efek yang berbahaya.

Pernyataan ini merupakan hasil dari penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, dikutip dari The Sun, Minggu (30/12/2018).

Dijelaskan dalam laporan ilmiah tersebut bahwa tidur dalam waktu yang lama bisa menurunkan risiko terkena diabetes pada wanita. Namun, tak begitu untuk pria.

Menurut studi tentang hubungan antara jenis kelamin, tidur, dan tingkat insulin tadi, hanya menekan tombol 'snooze' alarm lima menit saja, kesehatan pria bisa terganggu. Meski begitu, pria yang kurang tidur juga meningkatkan risiko diabetes.

"Dalam kelompok yang terdiri dari hampir 800 orang sehat, kami mengamati hubungan spesifik antara jenis kelamin, durasi tidur, dan metabolisme glukosa," kata DR Femke Rutters, dari VU Medical Centre di Amsterdam.

"Pada pria, tidur terlalu lama atau kurang tidur menyebabkan berkurangnya respons sel-sel dalam tubuh terhadap insulin, mengurangi penyerapan glukosa, dan dengan demikian meningkatkan risiko terkena diabetes di kemudian hari. Sementara pada wanita, tidak ada hubungan sebab-akibat semacam itu dari pengamatan kami. Penelitian ini menunjukkan betapa pentingnya tidur bagi aspek kunci kesehatan," imbuh Rutters.

Lagi pula, diberitakan The Sun, bangun sebelum jam 6 pagi membuat Anda lebih sehat dan lebih bahagia, bahkan dapat meningkatkan kehidupan asmara Anda.

Berita Terkait

Berita Terkini