Info

Selalu Merasa Haus? Mungkin Ini yang Kamu Alami

Cek di sini.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Ilustrasi haus. (pixabay/Olichel)
Ilustrasi haus. (pixabay/Olichel)

Himedik.com - Di satu kondisi, kamu pasti pernah merasa selalu haus. Sudah minum air berkali-kali pun, tenggorokanmu masih tetap terasa kering.

Rasa haus yang berlebihan dapat mengindikasikan masalah kesehatan. Jangan takut dulu, kamu perlu mengetahui beberapa alasan lain kenapa kamu selalu merasa haus.

Dilansir dari medical daily, berikut lima alasan kenapa kamu selalu merasa haus meski sudah minum banyak air.

1. Tidak cukup H20

"Alasan utama seseorang merasa haus adalah karena dehidrasi. Mereka tidak minum cukup air," tutur Natasha Bhuyan, MD, seorang dokter keluarga di One Medical di Phoenix, Arizona.

Dia menambahkan sebagian dari kita memiliki tuntutan yang lebih tinggi daripada yang lain. Ini termasuk mereka yang berolahraga secara teratur atau mereka yang tinggal di iklim panas. Minum air yang cukup dapat ditentukan oleh warna urinmu.

Menu diet sehat. (Unsplash/Lily Banse)
Menu diet sehat. (Unsplash/Lily Banse)

 

2. Pola diet

Mereka yang mengikuti diet keto mungkin akan mengalami efek ini, rasa haus yang berlebihan. Ini kemungkinan terjadi karena diet membutuhkan pengurangan asupan karbohidrat yang menampung lebih banyak air daripada lemak dan protein.

Diet keto sendiri mendapat peringkat buruk pada daftar diet terbaik 2019 secara keseluruhan dan juga mendapat kritik dari pelatih kebugaran, Jillian Michaels.

3. Masalah tiroid

Efek dari tiroid yang terlalu aktif dapat bervariasi dari orang ke orang. Selain rasa haus yang berlebihan, mereka juga bisa mengalami tremor tangan, kelelahan, kecemasan, berat badan turu, dan sebagainya.

Diabetes. (pixabay)
Diabetes. (pixabay)

 

4. Diabetes melitus

Ini mencakup diabetes tipe 1 dan 2. Namun Peter Mayock, MD, dari Eric Family Health Center di Chicago, menjelaskan bahwa sekadar dehidrasi sering disalahartikan sebagai diabetes.

Jika kamu mengalami rasa haus yang berlebihan, buang air kecil terus menerus, dan penglihatan kabur, segera periksa ke dokter.

5. Obat-obatan

Obat-obatan dapat secara langsung berkontribusi pada rasa haus. Obat seperti antidepresan, obat tekanan darah, dan obat alergi lain juga bisa membuat mulut kering dan buang air kecil terus-menerus.

Berita Terkait

Berita Terkini