Info

Manfaat Kesehatan Tai Chi, Meditasi Kuno dari Tiongkok

Ini ulasannya.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Tai chi. (unsplash)
Tai chi. (unsplash)

Himedik.com - Tai Chi merupakan meditasi dalam gerakan yang merupakan tradisi Tiongkok kuno. Teknik ini melibatkan pernapasan dalam gerakan lambat, yang dapat bermanfaat bagi tubuh dan pikiran.

"Kami telah melihat peningkatan kekebalan terhadap virus dan peningkatan respon vaksin di antara orang-orang yang berlatih tai chi," kata Dr. Michael Irwin, seorang profesor ilmu perilaku di University of California, Los Angeles.

Meskipun kelihatannya tidak seperti latihan khas yang melibatkan ketegangan fisik, penelitian mengungkapkan bahwa manfaatnya tidak boleh diremehkan, seperti dikutip dari medical daily.

Prevalensi patah tulang lebih rendah di antara mereka yang berlatih tai chi, pasalnya latihan ini juga mengutamakan keseimbangan.

Kekuatan tubuh bagian bawah dan tubuh bagian atas juga dapat ditingkatkan, menurut para ahli.

"Tai chi memperkuat kekuatan bagian tubuh bawah dan atas serta otot inti punggung dan perut," ungkap Dr. Gloria Yeh, asisten profesor di Harvard Medical School.

Taichi. (pixabay/pcdazero)
Taichi. (pixabay/pcdazero)

 

Tai chi juga telah dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih baik. Pada tahun 2018, sebuah studi dari Australia menemukan itu mungkin sama efektifnya dengan olahraga teratur dalam mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

Napas serta gerakan diyakini memiliki dampak positif pada sistem saraf. Satu studi menunjukkan bagaimana pasien yang menderita nyeri kronis melaporkan kualitas hidup yang lebih baik ketika melakukan tai chi dibandingkan dengan mereka yang menggunakan terapi fisik.

Ingatlah bahwa kamu pasti akan membutuhkan bimbingan dari instruktur untuk menguasai tai chi jika kamu tertarik untuk berlatih.

Berita Terkait

Berita Terkini