Info

Dikenal Bau, Petai Ternyata Bisa Atasi 4 Macam Gangguan Emosional

Pete bermanfaat bagi wanita saat mengalami PMS.

Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Sambal petai - (Instagram/dj_kattybutterfly36)
Sambal petai - (Instagram/dj_kattybutterfly36)

Himedik.com - Petai atau pete bagi beberapa orang terasa nikmat. Namun, tak sedikit pula yang membenci biji hijau ini karena baunya yang dianggap menyengat.

Namun, di balik aromanya yang menganggu, ternyata tersimpan berbagai manfaat di dalamnya. Melansir HB Times, pete, yang memiliki nama latin Parkia Speciosa, bahkan bisa mengatasi gangguan mental dan mengontrol suasana hati. Berikut empat di antaranya:

1. Depresi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh MIND pada orang-orang yang berjuang dengan gangguan depresi menunjukkan, banyak yang merasa jauh lebih baik setelah mengonsumsi petai.

Itu karena petai mengandung triptofan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin, yang diketahui bisa membuat  Anda rileks, meningkatkan suasana hati, dan biasanya membuat Anda merasa lebih nyaman.

Ilustrasi stres - (Pixabay/geralt)
Ilustrasi stres - (Pixabay/geralt)

2. PMS (sindrom pramenstruasi)

Vitamin B6 dalam petai dapat mengelola kadar gula darah. Efeknya pun dapat memengaruhi suasana hati Anda, yang seringkali naik-turun menjelang menstruasi.

3. Stres

Kalium adalah mineral penting, yang akan membantu menstabilkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak, dan mengelola keseimbangan air tubuh manusia.

Ketika kita cemas, laju metabolisme kita meningkat, sehingga kadar kalium kita menurun. Kondisi ini dapat diseimbangkan kembali dengan bantuan camilan petai, yang berkalium tinggi.

4. Gangguan Afektif Musiman (SAD)

Gangguan emosional yang kacau pun dapat dipulihkan dengan petai. Pasalnya, selain mengandung banyak kalium, jika Anda membandingkan petai dengan apel, biji yang bisa dimakan sebagai camilan ini juga memiliki empat kali lebih banyak protein, dua kali karbohidrat, tiga kali fosfor, lima kali vitamin A serta zat besi, dan dua kali mineral dan vitamin lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkini