Info

Manfaat Oatmeal, dari Turunkan Kolesterol Hingga Tingkatkan Respons Insulin

Ganti sarapanmu dengan oatmeal, yuk!

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Oatmeal. (pixabay/iha31)
Oatmeal. (pixabay/iha31)

Himedik.com - Oatmeal merupakan makanan yang menawarkan banyak manfaat kesehatan seperti penurunan berat badan, menurunkan gula darah, dan menurunkan risiko penyakit jantung. Ini karena oatmeal merupakan sumber antioksidan, vitamin, dan mineral.

Dilansir dari Medical News Today, berikut manfaat oatmeal yang perlu kamu tahu.

1. Meningkatkan respon insulin dan menurunkan gula darah

Oatmeal mengandung serat larut yang disebut beta-glukan yang dapat membantu meningkatkan respon insulin dan mungkin juga menurunkan gula darah.

Sebuah tinjauan penelitian tentang manfaat oatmeal untuk penderita diabetes tipe 2 menemukan bahwa oatmeal memiliki efek positif pada kontrol gula darah. Meski demikian, para penulis menyatakan bahwa diperlukan lebih banyak penelitian untuk menguji keamanan oatmeal bagi penderita diabetes tipe 1.

Jadi, kamu penderita diabetes tidak ada salahnya mengganti sarapan dengan oatmeal dengan catatan tidak menambahkan gula tambahan ke dalam makanan.

Oatmeal. (pixabay/annafood)
Oatmeal. (pixabay/annafood)

2. Menurunkan kadar kolesterol

Sebuah tinjauan tahun 2014 menunjukkan bahwa oatmeal dapat mengurangi kadar kolesterol total jika mengonsumsi sebanyak tiga gram atau lebih beta-glukan sehari.

Menurut penelitian, beta-glukan menurunkan kolesterol lipoprotein densitas rendah, atau "kolesterol jahat", tetapi tidak memengaruhi kolesterol lipoprotein densitas tinggi, atau "kolesterol baik."

3. Menunjang pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan

Beta-glukan dalam oatmeal membentuk zat seperti gel ketika dicampur dengan air. Larutan ini melapisi perut dan saluran pencernaan.

Lapisan tersebut kemudian dimakan bakteri baik dalam usus, yang meningkatkan tingkat pertumbuhan mereka dan dapat berkontribusi pada usus yang sehat.

Sebuah studi kecil yang meneliti efek oatmeal pada pertumbuhan bakteri menemukan bahwa itu bisa memiliki efek positif.

Menjalani hidup sehat itu tidak sulit. Bisa dimulai dengan mengganti sarapan dengan oatmeal dan rasakan manfaatnya.

Berita Terkait

Berita Terkini