Info

Atasi Jerawat hingga Bau Kaki, Berikut 4 Manfaat Sari Cuka Apel Bagi Kulit

Beberapa manfaat ini sepertinya cocok untukmu.

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Manfaat sari cuka apel bagi kulit. (Pixabay/wicherek / 2 images)
Manfaat sari cuka apel bagi kulit. (Pixabay/wicherek / 2 images)

Himedik.com - Sari cuka apel pada dasarnya adalah ramuan ajaib, dari membantu menurunkan berat badan hingga menangani diabetes. Namun, tidak hanya itu, ramuan ini juga memiliki manfaat bagi kulit.

"Secara umum, sari cuka apel mungkin memiliki sifat antibakteri, antijamur dan antivirus," kata Michael Kassardjian, Dokter Osteopatik, dokter kulit bersertifikat di Dermatology Coast di Torrance, California.

"Namun, apple cider vinegar (ACV) harus digunakan dengan hati-hati pada kulit karena dapat menyebabkan iritasi ketika dioleskan tanpa diencerkan, menyebabkan luka bakar atau lecet," kata Dr. Kassardjian, seperti diberitakan menshealth.

Pasalnya, sari cuka apel merupakan cairan asam. Jadi, jangan pernah kamu langsung mengoleskannya langsung dari botol.

"Ini benar-benar tergantung pada area mana kamu menggunakannya, untuk apa kamu menggunakannya, dan seberapa sensitif kulitmu," kata Dr. Kassardjian.

"Saya akan mengatakan bahwa untuk mengencerkannya, setidaknya satu bagian ACV ke empat bagian air, tetapi jika kamu memiliki kulit sensitif, lebih baik mulai dengan satu bagian ACV ke sepuluh bagian air," tambahnya.

Ilustrasi cuka apel (pixabay)
Ilustrasi cuka apel (pixabay)

Berikut empat manfaat sari cuka apel bagi kulit:

1. Mengobati jerawat

Sari cuka apel dapat digunakan sebagai toner untuk mengatasi masalah ini.

"Ini dapat digunakan sebagai toner karena sifat anti-inflamasi. Ini terdiri dari asam asetat dan asam alfa hidroksi," kata Dr. Kassardjian.

"Asam asetat memiliki efek keratolitik, pada dasarnya membantu mencabut pori-pori yang tersumbat. Asam alfa hidroksi membantu mengelupas kulit dan membantu menghaluskan dan memperbaiki tekstur kulit dan juga membantu menyerap minyak berlebih pada kulit." lanjutnya.

Selain itu, ACV dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH kulitmu. Dengan mengurangi kadar pH kulit, ini dapat membantu mengeringkan bintik-bintik jerawat dan mengangkat sel kulit mati.

2. Melawan bau kaki

"Asam dalam ACV membantu mengubah kadar pH kulitmu. Selain sifat antibakteri dan antijamurnya, perubahan ini dapat membantu melawan bakteri penyebab bau," kata Dr. Kassardjian.

Ilustrasi cuka apel (pixabay)
Ilustrasi cuka apel (pixabay)

3. Obat gigitan serangga

"ACV adalah obat rumahan yang baik dalam menangani gigitan serangga (seperti gigitan nyamuk) karena sifatnya yang anti-inflamasi. Ini dapat membantu mengurangi sensasi gatal dan menenangkan kulit," kata Dr. Kassardjian.

4. Mengobati gejala paronychia

Paronychia adalah istilah medis untuk kulit yang terinfeksi di sekitar kuku. "Paronychia adalah infeksi yang terjadi di bawah kutikula, dan dapat dikaitkan dengan bakteri dan/atau infeksi jamur," kata Dr. Kassardjian.

"ACV yang diencerkan dalam air dapat membantu merendam kuku, tidak hanya dengan sifat antibakteri dan antijamur, tetapi juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit melalui sifat anti-inflamasi."

Berita Terkait

Berita Terkini