Info

Keren! Operasi Pasien Pakai Robot Sukses di China

Robot tersebut bernama Tinavi atau Tianji dalam bahasa China.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi robot. (Pixabay/Tumisu)
Ilustrasi robot. (Pixabay/Tumisu)

Himedik.com - Seiring waktu, Artificial Intelligence (AI) semakin berkembang dan memudahkan kehidupan banyak orang termasuk dunia kesehatan. Baru-baru ini, China telah menyelesaikan operasi robotik pertamanya dan berjalan sukses.

Melansir dari Nextshark, sebuah rumah sakit yang berlokasi di Anhui, China baru saja melakukan operasi robotik pada seorang pasien yang menderita mati rasa di kaki dan tangan kirinya. Kerennya, operasi tersebut berjalan sukses!

Menurut laporan China Daily, pasien dengan identitas Wang (42) menjalani operasi bersejarah di First Affiliated Hospital of Anhui Medical University pada 3 Januari. Seluruh operasi hanya berlangsung setengah jam, dengan tanda luka hanya 1 cm.

Prestasi luar biasa ini dimungkinkan berkat sistem robot ortopedi pertama dan satu-satunya di dunia yang disebut Tinavi (Tianji dalam bahasa China), yang dibuat dengan biaya 15 juta yuan (2,31 juta dolar).

Sistem ini mampu melakukan prosedur bedah pada ekstremitas pasien serta fraktur panggul, dan operasi pada seluruh segmen tulang belakang (serviks, toraks, lumbar, vertebra sakralis).

Biasanya, operasi yang mirip dengan apa yang telah dilalui Wang akan membutuhkan dua hingga tiga minggu pemulihan karena kemungkinan pendarahan yang luas, tetapi pasien dapat bangun dari tempat tidur sehari setelah operasi dan diharapkan pulih dalam seminggu.

Tianji, yang bertindak sebagai asisten dokter, memberikan cetak biru bedah yang komprehensif untuk prosedur tulang belakang dan trauma menggunakan pencitraan multimodality. Robot ini juga dapat melakukan pelacakan waktu nyata yang memungkinkannya untuk memposisikan tulang dengan tepat.

Menggunakan sistem pelacakan optiknya, Tianji dapat melakukan pemindaian 3D dan memantau seluruh operasi. Sementara itu, lengan robot meningkatkan jalur bedah dan lintasan yang direncanakan.

Wah, sungguh prestasi yang luar biasa bagi China. Berhasil melakukan pendaratan pertama kalinya di sisi gelap bulan dan merilis foto pertama yang diambil dari sisi bulan yang belum dipetakan, sekarang China menoreh prestasi lagi dengan hadirnya Tianji.

Berita Terkini