Info

Mengapa Kita Tak Bisa Mengingat Peristiwa dari Masa Bayi?

Kira-kira kenapa ya?

Vika Widiastuti

Ilustrasi mengingat masa lalu (Pixabay/jarmoluk)
Ilustrasi mengingat masa lalu (Pixabay/jarmoluk)

Himedik.com - Bukannya sangat mudah mengingat peristiwa-peristiwa tertentu di masa lalu, ulang tahun misalnya atau bahkan kunjungan ke rumah nenek. Namun, Apakah Anda masih mengingat peristiwa saat masih bayi? mungkin tidak.

Saat ini mungkin Anda merenungkan, mengapa Anda tak mengingat peristiwa-peristiwa penting saat masih balita. Melansir ScienceABC, jawabannya telah diteliti dan berkaitan dengan sistem memori kita atau lebih tepatnya cara sistem memori berkembang.

Kondisi di mana manusia tidak mengingat apa yang terjadi sebelum usia 2-3 tahun atau memiliki ingatan yang tidak menentu pada usia 4-7 tahun disebut sebagai amnesia infantil.

Bayi pada dasarnya memiliki 'memori', tetapi ada tanggal kedaluwarsanya. Dipercayai bahwa alasan kita tak bisa mengingat banyak mengenai masa kanak-kanak adalah karena sebagai anak muda, kita tidak mampu membentuk ingatan tentang peristiwa semacam itu.

Namun, banyak penelitian menyimpulkan, bayi dapat dan memang membentuk ingatan, termasuk ingatan implisit dan eksplisit. Sebagai informasi, ingatan implisit adalah ingatan prosedural yang memungkinkan kita menyelesaikan tugas-tugas dasar tanpa secara eksplisit perlu berpikir. Di antaranya seperti mengingat cara berjalan.

Sementara, ingatan eksplisit membutuhkan upaya sadar untuk mengingat kembali, seperti mengingat gerakan tarian tertentu yang diajarkan seorang guru.

Tingkat retensi memori meningkat selama masa kanak-kanak. Dalam penelitiannya, psikolog terkenal Patricia Bauer mengungkapkan, kemampuan seseorang dalam mengingat hal-hal untuk jangka lama semakin membaik sepanjang masa kanak-kanak. Dalam penelitian tersebut, balita diajarkan untuk meniru. Hal tersebut bertujuan untuk menguji kemampuan mengingat mereka.

Dari penelitian itu diketahui, bayi 6 bulan mampu mengingat apa yang harus dilakukan selama 24 jam (tetapi tak lebih dari 48 jam). Sementara, bayi yang berusia 9 bulan dapat mengingat apa yang harus dilakukan selama 1 bulan (tetapi tak lenih dari 3 bulan).

Pada usia dua tahun, bayi dapat mengingat bagaimana melakukan tugas yang diajarkan kepada mereka bahkan setahun sebelumnya.

Selain itu, ketika bayi baru lahir, otaknya hanya seperempat dari ukuran otak orang dewasa. Saat bayi berusia 2 tahun, otaknya telah berkembang menjadi tiga perempat dari ukuran otak orang dewasa.

Perubahan ukuran ini merangsang pertumbuhan neuron dan juga memangkas beberapa koneksi. Jadi, Anda mungkin bertanya-tanya, apakah perkembangan otak pada masa bayi berhubungan dengan kegagalan kita untuk mengingat kembali kenangan masa kecil kita?

Ilustrasi otak (Pixabay/ColiN00B)
Ilustrasi otak (Pixabay/ColiN00B)

Namun, untuk mengatahui tentang hal itu, kita perlu memahami dulu mengenai hippocampus, bagian otak yang berperan menentukan ingatan episodik atau ingatan tentang peristiwa yang terjadi pada kita.

Saat beberapa bagian otak terus berkembang setelah kita dilahirkan, hippocampus menjadi salah satu yang terus memproduksi neuron baru hingga dewasa.

Saat kita masih kecil, dentate gyrus, bagian penting hippocampus, menjadi alat penambah dalam memproduksi neuron secara aktif. Neuron yang baru dihasilkan ini diintegrasikan ke dalam sirkuit hippocampal.

Hippocampus (Pixabay/OpenClipart-Vectors)
Hippocampus (Pixabay/OpenClipart-Vectors)

Meskipun produksi neuron baru berlanjut hingga dewasa, tetapi angkanya berkurang secara signifikan seiring bertambahnya usia. Para ilmuwan percaya bahwa tingkat produksi neuron yang cepat ini di masa kanak-kanak adalah alasan di balik tingkat lupa yang lebih tinggi ketika kita masih bayi.

Ketika neuron-neuron baru ini diintegrasikan ke dalam sirkuit hippocampal untuk membentuk koneksi baru, massa neuron ini mengganggu jaringan ingatan yang sudah terbentuk sehingga memudarkan ingatan masa kecil kita.

Penelitian terbaru oleh ilmuwan saraf Frankland dan Josselyn membenarkan bahwa pertumbuhan neuron yang cepat selama masa bayi, menghambat sirkuit otak tempat memori lama disimpan. Jadi, membuat mereka hampir tidak dapat diakses.

Ketika kita menua melewati masa bayi, neurogenesis melambat, dan hippocampus mencapai keseimbangan yang lebih baik dari pembentukan memori dan retensi.

Frankland berpendapat bahwa sebagian besar hal yang kita lakukan dalam hidup ini cukup biasa untuk dibedakan satu sama lain, seperti tidur atau berjalan. Dia menyimpulkan bahwa konsep fungsi memori orang dewasa yang sehat tidak hanya terletak pada hal-hal yang diingat, tetapi juga dalam membersihkan ingatan yang tidak penting.

Berita Terkait

Berita Terkini