Info

Minum Air Lemon Dapat Mengatasi Refluks Asam, Benarkah?

Beberapa sumber mengatakan bahwa air lemon memiliki efek alkalisasi, artinya dapat menetralkan asam lambung.

Galih Priatmojo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Air lemon. (pixabay)
Air lemon. (pixabay)

Himedik.com - Banyak orang yang tertarik dengan pengobatan rumahan untuk meredakan gejala refluks asam. Salah satunya menggunakan air lemon.

Padahal dilihat dari kadar keasamannya, air lemon memiliki pH 3 yang artinya bersifat asam. Lalu bagaimana bisa mengatasi refluks asam?

Menurut sebuah ulasan 2012 yang dilansir dari Medical News Today, jus lemon memiliki sejarah penggunaan dalam praktik Timur dan Barat untuk membantu pencernaan dan masalah pencernaan, termasuk refluks asam.

Namun, tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa itu berhasil. Faktanya, karena keasamannya, jus lemon bisa memperburuk refluks asam.

Sejalan dengan itu, beberapa sumber juga mengatakan bahwa air lemon memiliki efek alkalisasi, artinya dapat menetralkan asam lambung, yang dapat mengurangi refluks asam. Namun, lagi-lagi ini tidak didukung oleh penelitian.

Lemon. (pixabay)
Lemon. (pixabay)

Refluks asam sendiri terjadi ketika asam lambung mengalir ke saluran makanan. Di sisi lain, asam lambung menyebabkan peradangan dan iritasi pada lapisan esofagus dan menyebabkan sensasi terbakar (heartburn), bersendawa, regurgitasi, dan mual.

Kesimpulannua, tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa air lemon akan meringankan gejala refluks asam. Namun, jika kamu mencari manfaat lain dari air lemon maka tak ada salahnya untuk rutin mengonsumsinya.

Air lemon mengandung vitamin C, yang merupakan antioksidan. Menurut National Institutes of Health (NIH), vitamin C membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang membantu tubuh melawan infeksi, serta membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan.

Berita Terkait

Berita Terkini