Info

Seorang Pria Hampir Kehilangan Nyawanya Gara-gara Makan Jeruk

Dia makan jeruk sekaligus biji dan membuatnya harus masuk rumah sakit.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Buah jeruk. (pixabay/Alexas_Fotos)
Buah jeruk. (pixabay/Alexas_Fotos)

Himedik.com - Seharusnya buah-buahan seperti jeruk memberikan manfaat yang menyehatkan bagi tubuh. Tak disangka, buah kaya nutrisi itu justru menjadi bumerang bagi pria satu ini.

Dilansir dari Feedytv, seorang pria bernama Wu mendapat kiriman 10 kg jeruk dari saudaranya. Di waktu luang, ia mengambil jeruk untuk dimakan.

Di situlah masalah muncul. Karena mendengar ada orang mengatakan bahwa makan biji jeruk akan membantu menambah vitamin pada kulit, maka ia menelan biji jeruk. Akibatnya perutnya tidak nyaman berhari-hari.

Ia lantas dibawa ke Rumah Sakit Wuhan dan dirawat di Departemen Gastroenterologi. Setelah dilakukan pemeriksaan menyeluruh, Khuu Van Thang, kepala Departemen Gastroenterologi, menemukan banyak biji jeruk di ususnya yang telah menyebabkan bisul parah.

Untungnya Wu datang tepat waktu karena kondisi tersebut bisa lebih berbahaya jika tidak segera mendapat penanganan, saluran pencernaannya berisiko terkena nekrosis, iskemia atau pendarahan lambung yang mengancam jiwa.

Dokter juga menjelaskan bahwa setelah yang mengandung banyak gas dikeluarkan, kotoran yang tidak dapat dikeluarkan menyebabkan sembelit. Sembelit yang berkepanjangan menyebabkan penyumbatan, edema pada mukosa usus, menyebabkan nekrosis parah, yang mengarah ke obstruksi usus akut.

Dr. Khuu juga mengingatkan bahwa tidak setiap biji buah itu baik untuk tubuh, hanya biji kecil dan lunak yang melekat pada daging seperti biji tomat atau buah naga. Sedangkan biji buah-buahan lain dapat mengancam kesehatan.

Berita Terkait

Berita Terkini