Info

Canggih, Aplikasi Terbaru Ini Bisa Bantu Orang Berhenti Merokok

Aplikasi tersebut diberi nama Gero Healthspan.

Vika Widiastuti

Merokok/pexels
Merokok/pexels

Himedik.com - Berhenti merokok memang bukan hal yang mudah, apalagi bagi orang yang sudah kecanduan. Saat mencoba untuk berhenti, tak sedikit orang yang tak tahan dan justru kembali lagi pada kebiasaannya.

Namun, sebuah aplikasi yang baru-baru ini dikembangkan oleh para ilmuan dari Gero dan Roswell Park Cancer Institute di New York ini dipercaya bisa membantu orang untuk berhenti merokok. Aplikasi tersebut diberi nama Gero Healthspan.

Melansir The Health Site, Kamis (24/1/2018), aplikasi ini bisa melacak efek pemulihan dari berhenti merokok secara real time melalui analis data yang dipakai.

Peningkatan usia biologis yang disebabkan oleh merokok dapat dideteksi melalui analisis sinyal aktivitas fisik yang dikumpulkan dari perangkat yang dipakai.

Dari hal tersebut, algoritma kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) baru dilatih untuk menemukan pola tertentu dalam perubahan tingkat aktivitas untuk memperkirakan usia biologis seseorang.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Aging tersebut menunjukkan, percepatan penuaan akibat merokok bisa kembali normal setelah seseorang berhenti merokok. Proses tersebut dalam dilacak melalui aplikasi ini.

"Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengetahui bagaimana perubahan gaya hidup seperti diet, aktivitas, dan suplemen memengaruhi prediksi harapan hidup sehat Anda. Kami berharap aplikasi kami akan membantu orang-orang untuk berhenti dari hal-hal yang mempersingkat hidup mereka dan membantu mengembangkan gaya hidup sehat," kata Peter Fedichev, pendiri dan kepala penelitian Gero.

Berita Terkait

Berita Terkini