Info

Sama-sama Masam, Lemon dan Jeruk Nipis Nyatanya Punya Banyak Manfaat, lo!

Keduanya dapat mencegah kerutan hingga membantu meningkatkan kerja jantung.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Lemon. (pixabay/MiraCosic)
Lemon. (pixabay/MiraCosic)

Himedik.com - Rasanya yang masam membuatnya tak disukai banyak orang. Padahal sebenarnya lemon dan jeruk nipis mengandung segudang nutrisi yang berperan dalam menjaga kesehatan tubuh. Dirangkum dari WebMD, berikut manfaat lemon dan jeruk nipis untuk kesehatan.

Mengatasi keriput

Keduanya kaya akan vitamin C, yang juga dikenal sebagai asam askorbat. Perannya membantu membuat kolagen, yang membuat kulit kenyal dan kencang.

Meski keriput akan datang seiring waktu karena tanda penuaaan, tak ada salahnya kamu memperlambatnya dengan menyantap vitamin dan nutrisi yang tepat.

Menurunkan tekanan darah

Baik jus dan kulit lemon atau jeruk nipis dapat membantu menurunkan tekanan darah. Namun, konsultasikan dulu dengan dokter jika kamu minum obat tekanan darah atau obat-obatan lain karena jeruk dapat mengganggu fungsinya.

Lemon dan jeruk nipis. (pixabay/RitaE)
Lemon dan jeruk nipis. (pixabay/RitaE)

Meningkatkan kinerja jantung

Kandungan flavonoid di dalamnya membantu mengontrol lemak dan gula darah karena jika kadarnya terlalu tinggi dapat berdampak buruk pada pembuluh darah.

Meningkatkan fungsi otak

Keduanya memiliki bahan kimia khusus yang dapat melindungi sel-sel otak dari zat beracun, melindungi terhadap peradangan, kerusakan, serta mecegah penyakit otak seperti alzheimer dan parkinson.

Meski lemon dan jeruk nipis menyehatkan, kamu harus tetap berhati-hati dalam mengonsumsinya. Pasalnya keduanya bersifat asam yang mungkin perlu dihindari jika bermasalah dengan asam lambung.

Berita Terkait

Berita Terkini