Info

Selai Almond Vs. Selai Kacang, Mana sih yang Lebih Bernutrisi?

Daripada penasaran, simak yuk ulasannya!

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Selai almond. (pixabay/pexels)
Selai almond. (pixabay/pexels)

Himedik.com - Saat kamu memilih roti tawar sebagai pengganti sarapan, pasti akan dihadapkan dengan pilihan berbagai macam selai yang menggiurkan. Mulai dari selai buah-buahan, cokelat, kacang, hingga almond.

Di antaranya semuanya, yang menarik untuk dibandingkan adalah selai kacang dan selai almond. Dari keduanya mana sih yang lebih bernutrisi?

Daripada penasaran, yuk coba kita bandingkan nutrisi dalam satu sendok makan (16 gr) selai almond dan kacang yang dihimpun dari Medical News Today.

Protein

Jumlah protein keduanya hampir sama banyak. Kacang memiliki 3,6 gram protein sedangkan almond 3,4 gram.

Serat

Serat berperan penting dalam kesehatan sistem pencernaan. Di antaranya melancarkan BAB, membantu merasa kenyang lebih lama, serta menyediakan prebiotik si usus besar.

Nah, di antara keduanya ternyata kandungan serat selai almond dua kali lipat lebih banyak dari selai kacang.

Lemak

Beberapa orang mungkin menganggap selai almond sebagai pilihan yang lebih baik daripada selai kacang. Nyatanya anggapan itu tidak salah lho.

Kandungan lemak jenuh dalam sesendok selai almond hampir dua kali lebih rendah dari selai kacang. Sedangkan kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang juga disebut sebagai lemak baik sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan selai kacang.

Selai kacang. (pixabay/cgdsro)
Selai kacang. (pixabay/cgdsro)

Gula

Kadar gula selai kacang sebenarnya rendah, tapi kadar gula dalam selai almond hampir 50 persen lebih sedikit daripada selai kacang.

Usahakan saat membeli keduanya, periksa label nutrisi dan pilih produk tanpa tambahan gula atau garam bila memungkinkan.

Karbohidrat

Sama seperti gula, kandungan karbohidrat selai almond sedikit lebih rendah dari selai kacang.

Mineral dan vitamin

Dibandingkan kacang, selai almond mengandung magnesium, kalium, kalsium, dan fosfor dalam jumlah yang lebih tinggi. Sedangkan vitamin, keduanya merupakan sumber vitamin E yang baik untuk mencegah risiko penyakit jantung.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa mungkin kandungan nutrisi selai almond sedikit lebih tinggi dari kacang. Kalau kamu sendiri tim almond atau kacang nih?

Berita Terkait

Berita Terkini