Info

Ini Kandungan dan Manfaat Air Kelapa yang Menakjubkan

Lebih dari 95 persen air kelapa adalah air.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Air kelapa. (pixabay/Reisefreiheit_eu)
Air kelapa. (pixabay/Reisefreiheit_eu)

Himedik.com - Dikenal karena konsentrasi elektrolit, vitamin, dan mineral, membuat air kelapa disukai banyak orang.. Air kelapa sangat cocok untuk dijadikan pelepas dahaga karena lebih dari 95 persen air kelapa adalah air.

Dirangkum dari Medical News Today, berikut kandungan nutrisi air kelapa yang bermanfaat untuk tubuh.

1. Asam amino

Air kelapa mengandung lebih banyak alanin, arginin, sistein, dan serin daripada susu sapi yang merupakan sumber utama arginin, yaitu asam amino yang membantu tubuh merespons stres (seperti stres yang disebabkan oleh olahraga berat). Arginin juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Asam amino sendiri sangat penting untuk memperbaiki jaringan dan merupakan bahan pembangun protein.

2. Rendah kalori

Menurut Academy of Nutrition and Dietics, dengan hanya 45 kalori dalam secangkir air kelapa membuatnya menjadi pengganti yang bagus untuk minuman berkalori tinggi seperti soda atau jus. Ini karena air kelapa memiliki lebih sedikit gula dan karbohidrat daripada kebanyakan jus.

Minuman ini juga memiliki lebih banyak mineral dan elektrolit seperti natrium dan kalium. Namun, untuk minuman santai, masih tidak dapat bersaing dengan air yang nol kalori.

Air kelapa. (pixabay)
Air kelapa. (pixabay)

3. Kalium

Air kelapa memiliki lebih dari 10 kali jumlah kalium dari kebanyakan minuman olahraga. Segelas (8 oz) air kelapa dikemas dengan kalium sebanyak pisang.

Kebanyakan orang Amerika kekurangan rekomendasi harian untuk kalium. Dengan 405 mg per cangkir, kalium dalam air kelapa dapat membantu Anda menangkal kram.

Kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, terutama saat berolahraga. Karena ada lebih banyak kalium daripada natrium dalam air kelapa, kalium dapat membantu menyeimbangkan efek natrium pada tekanan darah dan bahkan mungkin membantu menurunkannya.

4. Kalsium dan magnesium

Tak hanya berperan dalam membentuk tulang dan gigi yang kuat, kalsium juga membantu otot berkontraksi dan bekerja dengan baik.

Sementara itu, magnesium membantu memindahkan kalsium dan kalium ke dalam otot untuk membantu kontraksi dan relaksasi. Ini juga membantu produksi energi dan mendukung fungsi organ.

Walaupun air kelapa mengandung lebih banyak kalsium dan magnesium daripada minuman olahraga atau jus buah lainnya, air kelapa bukanlah sumber mineral yang terkonsentrasi. Air kelapa mengandung kurang dari 5 persen dari jumlah kalsium dan magnesium yang direkomendasikan.

5. Antioksidan

Selain semua manfaat hidrasi, air kelapa mengandung antioksidan yang membantu menetralkan stres oksidatif dan radikal bebas. Carilah air kelapa segar untuk mendapatkan antioksidan tingkat tinggi.

6. Sitokinin

Hormon yang membantu tanaman tumbuh ini juga ditemukan dalam air kelapa. Senyawa ini diyakini memiliki sifat antipenuaan dan melawan kanker. Namun, sampai saat ini tidak ada penelitian besar yang menunjukkan bahwa air kelapa dapat menangkal kanker.

Itulah kandungan dan manfaat air kelapa untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Berita Terkini