Info

Lawan Peradangan, Ini Sederet Makanan yang Harus Kamu Konsumsi

Dimulai dari radang, kamu juga bisa mengalami deretan penyakit lain jika tidak diobati.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yuliana Sere

Buah sumber vitamin dan mineral. (pixabay)
Buah sumber vitamin dan mineral. (pixabay)

Himedik.com - Saat mengalami peradangan, entah itu karena serbuk sari tanaman atau bahan kimia, alat yang paling ampuh untuk mengatasinya bukan berasal dari apotek, melainkan dari toko bahan makanan.

''Banyak penelitian eksperimental telah menunjukkan bahwa komponen makanan atau minuman mungkin memiliki efek anti-inflamasi,'' kata Dr. Frank Hu, profesor nutrisi dan epidemiologi di Departemen Nutrisi di Harvard School of Public Health.

Dilansir dari Harvard Medical School, ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan peradangan. Batasi makanan karbohidrat olahan seperti roti dan kue, kentang goreng serta makanan goreng lainnya.

Soda dan minuman manis lainnya juga bisa menyebabkan peradangan. Tidak hanya itu, daging merah yang terdapat dalam burger, steak, hot dog dan sosis, serta mentega dan lemak babi juga memicu peradangan.

Makanan di atas tidak hanya memicu radang, tapi juga berbahaya bagi kesehatan kita.

''Beberapa makanan yang telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung juga dikaitkan dengan peradangan berlebih,'' kata Dr. Hu.

Deretan makanan penyembuh dan pemicu inflamasi. (Twitter/@HarvardHealth)
Deretan makanan penyembuh dan pemicu inflamasi. (Twitter/@HarvardHealth)

''Tidak mengherankan, karena peradangan merupakan mekanisme dasar untuk perkembangan penyakit ini.''

Makanan tidak sehat juga berkontribusi terhadap penambahan berat badan yang merupakan faktor risiko peradangan.

Dokter Hu juga menerangkan ada beberapa makanan yang bisa melawan peradangan, seperti tomat, minyak zaitun, sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung dan collard, kacang-kacangan seperti almond dan kenari.

Tidak hanya itu. Ikan berlemak seperti salmon, tuna, sarden dan mackerel serta buah-buahan seperti stroberi, blueberry dan jeruk juga bisa melawan inflamasi.

Buah-buahan dan sayuran tersebut mengandung antioksidan alami dan polifenol yang bisa mengurangi peradangan.

Penelitian juga mengaitkan konsumsi kacang dengan menurunnya tanda peradangan dan risiko penyakit kardiovaskular serta diabetes.

Kopi yang mengandung polifenol dan senyawa antiinflamasi lainnya juga dapat melindungi terhadap peradangan.

Berita Terkait

Berita Terkini