Info

Izin Dokter Ini Dicabut Seusai Sarankan Kue Ganja untuk Kontrol Amarah Anak

Tapi ternyata dokter salah mendiagnosis.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Tanaman ganja - (Pixabay/rexmedlen)
Tanaman ganja - (Pixabay/rexmedlen)

Himedik.com - Meski penggunaan ganja di beberapa negara telah dilegalkan, tapi penggunaan tanaman tersebut masih menuai pro dan kontra.

Bahkan belum lama ini, menurut sebuah laporan yang dilansir dari New York Post, izin medis holistik  dokter ditarik setelah menyarankan mengonsumsi kue ganja pada seorang anak laki-laki berusia 4 tahun untuk mengendalikan amarahnya.

Bukan hanya karena ganja, melainkan William Eidelman, seorang dokter pengobatan alami salah mendiagnosis bocah laki-laki itu dengan hiperaktif dan defisit bipolar. Lalu, kata dewan medis California, dokter itu merekomendasikan ganja sebagai pengobatan.

Dewan mengatakan bahwa Eidelman (69) sangat lalai dalam mendiagnosis anak itu tanpa berkonsultasi dengan psikiater.

"Belum terbukti, dengan bukti yang jelas dan meyakinkan, bahwa rekomendasi mariyuana medis kepada anak itu, dengan persetujuan ayahnya, melanggar standar perawatan," bunyi keputusan Dewan.

Dewan menemukan rekomendasi ganja sebagai pengobatan yang salah karena bocah itu sebenarnya tidak memiliki kondisi seperti yang didiagnosis.

Akibatnya, lisensi dokumen ditarik pada 4 Januari, tetapi dia mengatakan itu masih aktif dan terus membuka praktik.

Pengacaranya Tracy Green mengatakan, mereka telah mengajukan banding atas keputusan dewan, dan bahwa hakim Pengadilan Tinggi San Francisco memerintahkan pencabutan dihentikan sampai sidang pada bulan Maret.

Dewan medis mengatakan mereka belum pernah mendengar tentang perintah pengadilan dan mempertahankan izinnya dicabut. Praktik kedokteran tanpa lisensi dapat dihukum hingga satu tahun penjara di bawah hukum California.

Berita Terkait

Berita Terkini