Info

Pembersih KM Buatannya Keluarkan Gas Beracun, Wanita Ini Dilarikan ke RS

Jangan asal main campur produk pembersih ya, ibu-ibu.

Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Ilustrasi pemadam kebakaran - (Pixabay/ernestoeslava)
Ilustrasi pemadam kebakaran - (Pixabay/ernestoeslava)

Himedik.com - Seorang wanita harus dilarikan ke rumah sakit setelah mencampur sejumlah bahan untuk membuat sabun pembersih kamar mandi. Pasalnya, cairan buatannya sendiri itu mengeluarkan gas beracun.

Wanita yang tak disebutkan namanya itu awalnya hendak membersihkan kamar mandi rumahnya di Stoke Gifford. Ia mencampurkan cuka anggur putih dan pemutih sebagai pembersihnya. Secara tak sengaja, dirinya telah membuat gas klorin.

Pemadam kebakaran pun dipanggil untuk menangani insiden ini pada Kamis (24/1/2019) pagi. Mereka kemudian memasang kipas ventilasi tekanan positif untuk membersihkan rumah dari gas klorin.

Sementara itu, wanita pemilik rumah dirawat paramedis dan kemudian ia dilarikan ke rumah sakit.

"Orang-orang mengira, kalau ada satu produk yang hasilnya bagus, dicampur dengan produk lain,  hasilnya lebih bagus lagi," kata Luke Gazzard, spesialis hazmat dari Avon Fire and Rescue, dikutip dari Bristol Live, Jumat (25/1/2019).

"Padahal, ada produk tertentu yang aman digunakan kalau tidak dicampur-campur, dan malah menghasilkan asap yang berbahaya atau reaksi kimia lainnya jika dicampur dengan produk lain," kata Gazzard lagi. "Selalu baca instruksi pada produk pembersih. Mencampurnya bisa sangat berbahaya dan menyebabkan bahaya yang tak terduga."

Mengutip Health Line, keracunan gas klorin melalui saluran pernapasan dapat menimbulkan berbagai gejala, antara lain batuk-batuk, kesulitan bernapas, dan cairan dalam paru-paru.

Jika Anda menghirup klorin, cari udara segar sesegera mungkin. Pergi ke tempat yang tinggi untuk mencari udara segar sangat membantu karena klorin lebih berat daripada udara.

Berita Terkait

Berita Terkini