Info

Telan Tusuk Gigi, Seorang Atlet Nyaris Tewas

Tusuk gigi di usus besar hampir menewaskannya.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Ilustrasi tusuk gigi - (Pixabay/Hans)
Ilustrasi tusuk gigi - (Pixabay/Hans)

Himedik.com - Seorang atlet profesional yang menelan tusuk gigi nyaris meninggal. Para petugas medis pun mengatakan, korban sempat menderita serangkaian masalah kesehatan yang mengerikan.

Menurut laporan dari New England Journal of Medicine, Rabu (30/1/2019), pria berusia 18 tahun yang tidak disebutkan identitasnya itu dirawat di rumah sakit setelah mengalami demam dan menderita sakit perut serta tinja berdarah.

Mengutip Fox News, Jumat (1/2/2019), dia dilaporkan telah memeriksakan diri ke UGD, tetapi tidak mendapat diagnosis yang pasti. Setelah menjalani pemeriksaan dengan pekerja medis profesional lainnya, masih belum jelas pula apa yang terjadi padanya.

Ilustrasi usus besar - (Pixabay/Elionas2)
Ilustrasi usus besar - (Pixabay/Elionas2)

 

Ketika suhu tubuh pria itu mencapai 47 derajat Celcius, ia menjalani kolonoskopi. Dokter pun menemukan tusuk gigi sepanjang hampir 6 cm di usus besarnya. Tusuk gigi tersebut telah menembus arteri atau pembuluh nadi dan membuat bakteri memasuki aliran darahnya.

Ketika tusuk gigi itu dicabut, darah mulai menyembur dari arteri dalam situasi yang membahayakan. Banyak kerusakan terjadi, sehingga dokter harus menghilangkan sekitar 3 cm bagian dari arteri itu, yang kemudian diganti dengan vena atau pembuluh balik dari pahanya.

Kasus tusuk gigi tertelan memang jarang terjadi, tetapi dapat menyebabkan banyak komplikasi. Sebuah studi pada 2014 yang diterbitkan dalam World Journal of Surgery menemukan bahwa dari 136 kasus yang dilaporkan, lebih dari 50 persen orang tidak tahu bahwa mereka telah menelan tusuk gigi, dan hampir 10 persen dari mereka yang menelan kayu mungil itu meninggal.

Berita Terkait

Berita Terkini