Info

4 Sarapan Bergizi untuk Memulai Hari, Mana Pilihanmu?

Jangan sembarangan pilih menu sarapan karena itu penting bagi tubuh untuk mendapatkan energi dalam menjalankan aktivitas.

Agung Pratnyawan | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi roti panggang. (unsplash/@annapelzer)
Ilustrasi roti panggang. (unsplash/@annapelzer)

Himedik.com - Sarapan bergizi penting bagi tubuh untuk mendapatkan energi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Sarapan juga penting untuk mencegah makan terlalu banyak di siang hari.

Namun, jangan sembarangan sarapan. Dapatkan makanan bergizi seimbang yang dapat memberikanmu manfaat kesehatan tersebut. Apa saja? Berikut ulasan sarapan bergizi dihimpun dari Healthline.

1. Telur

Selain tinggi protein, telur juga merupakan salah satu sumber kolin terbaik, yaitu nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan otak dan hati.

Selain itu, kuning telur mengandung lutein dan zeaxanthin. Antioksidan yang membantu mencegah gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula.

Dalam sebuah penelitian, pria yang makan telur untuk sarapan bergizi merasa lebih puas dan mengonsumsi lebih sedikit kalori setelahnya dibandingkan mereka yang mengonsumsi bagel.

Sementara penelitian lain telah menunjukkan bahwa makan telur saat sarapan dapat meningkatkan rasa kenyang, mengurangi asupan kalori saat jam makan berikutnya, serta membantu mengontrol kadar gula darah dan insulin tetap stabil.

Sajian telur setengah matang. (pixabay)
Sajian telur setengah matang. (pixabay)

2. Greek yoghurt

Kandungan protein di dalamnya telah terbukti mengurangi rasa lapar dan memiliki efek termal (peningkatan laju metabolisme yang terjadi setelah makan) yang lebih tinggi daripada lemak atau karbohidrat.

Yoghurt dan produk susu lainnya juga dapat membantu mengontrol berat badan karena mereka meningkatkan kadar hormon yang meningkatkan rasa kenyang.

Terlebih lagi, beberapa jenis greek yoghurt adalah sumber probiotik yang baik seperti Bifidobacteria, yang membantu usus tetap sehat.

Untuk meningkatkan kandungan vitamin, mineral, dan serat makanan, cobalah campur yoghurt dengan buah beri atau buah potong.

3. Oatmeal

Oatmeal adalah pilihan sarapan bergizi terbaik bagi pecinta sereal. Terbuat dari gandum giling, yang mengandung serat unik yang disebut oat beta-glukan. Serat ini memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya menurunkan kolesterol.

Tak hanya itu, oat beta-glukan adalah serat kental yang memberikan rasa kenyang. Gandum juga kaya antioksidan, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

Sayangnya dalam satu cangkir (235 gram) oatmeal yang dimasak hanya mengandung sekitar 6 gram protein. Sehingga untuk meningkatkan kandungan protein di dalamnya, santap dengan susu, telur, atau sepotong keju.

Oatmeal. (pixabay/annafood)
Oatmeal. (pixabay/annafood)

4. Buah

Semua jenis buah mengandung vitamin, potasium, serat, dan relatif rendah kalori. Satu cangkir buah potong menyediakan sekitar 80-130 kalori (tergantung pada jenisnya).

Buah juga sangat mengenyangkan karena kandungan serat dan airnya yang tinggi. Sebagai saran, santap buah dengan telur, keju, keju cottage, atau greek yoghurt untuk gizi seimbang.

Itulah empat sarapan bergizi untuk memulai hari. Dari keempatnya, ada yang jadi menu sarapanmu selama ini ngga nih?

Berita Terkait

Berita Terkini