Info

Mengenal ASMR, Tren Video Suara Bisik-Bisik hingga Dipakai Iklan Super Bowl

Apa sih asyiknya nonton orang bisik-bisik di video ASMR yang lagi ngetren?

Dinar Surya Oktarini | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Ilustrasi ASMR - (Instagram/@tenaasmr)
Ilustrasi ASMR - (Instagram/@tenaasmr)

Himedik.com - Tren video Autonomous Sensory Meridian Response (ASMR) masih berlanjut hingga saat ini. Iklan bir Michelob Ultra dalam laga Super Bowl Sunday, Minggu (3/2/2019), pun juga menggunakan video ASMR, yang dibintangi aktris Zoe Kravitz.

Dengan latar belakang pegunungan, Zoe berbisik-bisik sambil memegang botol bir organik Michelob Ultra. Saat Zoe membuka tutup botol, iklan itu menayangkan adegan gelombang laut selayar penuh.

Dikutip dari New York Post, Senin (4/2/2019), ASMR merupakan sensasi menggelikan dan menyenangkan di sekitar kepala dan leher yang dipicu oleh rangsangan visual dan pendengaran. Orang-orang yang merasakan sensasi itu juga menyebutnya sebagai 'brain-gasm' atau 'orgasme otak'.

 

 

Belum banyak penelitian ilmiah yang dilakukan untuk fenomena ini, sehingga belum diketahui berapa orang yang pernah mengalami ASMR. Namun, beberapa video ASMR yang viral di YouTube telah ditonton lebih dari 30 juta kali, dan banyak 'artis' ASMR mendadak kebanjiran subscribers.

Istilah ASMR sendiri tidak diciptakan oleh ilmuwan, melainkan pekerja keamanan dunia maya bernama Jennifer Allen, yang membuat grup online untuk mendiskusikan gejala-gejala yang ia alami pada 2010. Menurut Smithsonian Magazine, kampanye Allen mendorong para akademisi ilmiah untuk menggali fakta di balik gejala-gejala misterius itu.

Pada 2015, peneliti Emma Barratt dan Nick Davis dari Swansea University di Wales melakukan survei terhadap 475 penggemar ASMR. Mereka ditanyai soal kapan dan di mana menonton video ASMR, konsistensi rangsangannya, dan efeknya pada suasana hati.

Studi Barratt dan Davis menunjukkan bahwa media ASMR membantu seseorang lebih rileks, mengurangi stres, dan lebih mudah tidur. Mereka bahkan menyebut bahwa ASMR juga memberikan manfaat terapeutik karena terbukti mengurangi nyeri kronis.

Berita Terkait

Berita Terkini