Info

Keluarkan Peringatan, New South Wales Imbau Warga Waspada Terhadap Campak

Pihak berwenang mengatakan bahwa risiko campak di Australia sangat tinggi.

Vika Widiastuti

Ilustrasi virus. (pixabay/qimono)
Ilustrasi virus. (pixabay/qimono)

Himedik.com - Campak merupakan salah satu penyakit menular. Baru-baru ini Masyarakat Sydney, New South Wales, diminta untuk waspada terhadap penyakit campak.

Hal itu terjadi setelah seorang penumpang penerbangan maskapai Qatar Airway 906 dinyatakan positif terkena penyakit menular tersebut.

Otoritas Kesehatan New South Wales telah mengeluarkan peringatan wabah campak setelah lelaki yang terinfeksi campak tiba di Bandara Sydney pada pagi Minggu, 3 Februari.

Ia menghabiskan waktu tiga jam di terminal internasional sebelum akhirnya naik ke penerbangan lanjutan ke Canberra.

"Jika Anda mengalami gejala campak, silakan hubungi dokter agar Anda tidak menunggu di ruang tunggu bersama pasien lain," kata direktur cabang penyakit menular New South Wales Health, Dr Vicky Sheppeard, dilansir HiMedik dari News.com.au.

Ini adalah peringatan waspada campak kesembilan yang dikeluarkan oleh New South Wales Health selama 2019.

Pihak berwenang mengatakan bahwa risiko campak di Australia sangat tinggi, karena wabah campak biasanya berada di tempat tujuan liburan populer luar negeri.

Campak adalah penyakit sangat menular yang menyebar melalui udara lewat batuk dan bersin.

Dibutuhkan waktu seminggu sampai 18 hari sampai gejala campak mulai muncul.

Gejala campak sendiri meliputi demam, mata sakit, batuk, diikuti dengan ruam merah dan berjerawat disekujur kepala dan tubuh.

Wisatawan didesak untuk mempertimbangkan melakukan vaksinasi sebelum melakukan perjalanan ke Asia Selatan dan Asia Tenggara di mana campak dianggap sebagai penyakit yang lazim. (SUARA.com/Risna Halidi)

Berita Terkait

Berita Terkini