Info

Mau Hidup Lebih Produktif? Buang Lima Kebiasaan Buruk Ini, yuk!

Jangan biasakan main HP di tempat tidur atau melakukan kegiatan secara multitasking.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi bermain gadget di tempat tidur. (pixabay/StockSnap)
Ilustrasi bermain gadget di tempat tidur. (pixabay/StockSnap)

Himedik.com - Disadari atau tidak, beberapa kebiasaan buruk menyebabkan lebih banyak masalah dalam hidup. Salah satunya adalah hidup menjadi lebih tidak produktif dan kita jadi sering membuang-buang waktu.

Dengan meniadakan kebiasaan tersebut produktivitas akan meningkat dan memungkinkan dirimu menikmati suasana hati positif yang disertai dengan peningkatan kontrol diri. Lalu apa saja kebiasaan buruk itu? Berikut ulasannya dirangkum dari laman Forbes.

1. Menggunakan gadget di tempat tidur

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa kebiasaan ini dapat merusak tidur dan produktivitas mereka. Ini karena cahaya biru dan paparan gelombang dari gadget memainkan peran penting dalam suasana hati, tingkat energi, dan kualitas tidur.

Padahal sinar matahari pagi mengandung konsentrasi tinggi dari cahaya biru ini. Lalu, ketika mata terpapar langsung, cahaya biru menghentikan produksi hormon melatonin yang merangsang tidur dan membuatmu merasa lebih waspada.

Sebaliknya, sinar matahari sore kehilangan cahaya biru, yang memungkinkan tubuh memproduksi melatonin dan mulai membuatmu mengantuk.

2. Perfeksionis

"Anda dapat mengedit halaman yang buruk, tetapi Anda tidak dapat mengedit halaman kosong," ungkap penulis Jodi Picoult.

Jadi, daripada berfokus pada kesempurnaan lebih baik alihkan perhatian pada yang lain. Itu hanya akan membuang lebih banyak waktumu.

3. Rapat

Dibandingkan kegiatan lain, rapat menghabiskan lebih banyak waktu berhargamu. Orang yang sangat produktif menghindari pertemuan sebanyak mungkin secara manusiawi.

Mereka tahu bahwa rapat akan berlangsung selamanya jika mereka membiarkannya, jadi ketika mereka harus mengadakan pertemuan, mereka memberi tahu semua orang di awal bahwa mereka akan tetap pada jadwal yang dimaksud. Ini menetapkan batas yang jelas yang memotivasi setiap orang untuk lebih fokus dan efisien.

Ilustrasi suasan kerja. (pixabay)
Ilustrasi rapat. (pixabay)

 

4. Multitasking

Multitasking sebenarnya sangat tidak produktif. Penelitian yang dilakukan di Stanford University menegaskan bahwa multitasking kurang produktif daripada melakukan satu pekerjaan pada suatu waktu.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang secara teratur dibombardir dengan beberapa aliran informasi elektronik, tidak dapat memperhatikan, mengingat informasi, atau beralih dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain seperti mereka yang menyelesaikan satu tugas pada satu waktu.

Ini karena ketika kamu mencoba melakukan dua hal sekaligus, otak tidak memiliki kapasitas untuk melakukan kedua tugas secara optimal.

5. Menekan tombol snooze

Ketika tidur, otak mengalami serangkaian siklus yang rumit, dan yang terakhir mempersiapkan tubuh untuk waspada saat bangun tidur. Inilah sebabnya mengapa terkadang kamu bangun tepat sebelum alarm berbunyi (otak tahu sudah waktunya untuk bangun).

Namun, ketika kamu menekan tombol snooze dan tertidur kembali, kamu kehilangan kewaspadaan ini. Jadi, seberapa pun lelahnya kamu, paksa diri untuk bangun saat alarm berbunyi.

Jadi, kalau mau hidup lebih produktif dan sehat, buang kebiasaan buruk di atas sesegera mungkin ya!

Berita Terkait

Berita Terkini