Info

Makan Nasi Sisa Kemarin, Amankah untuk Kesehatan?

Bagaimana efek makan nasi sisa kemarin terhadap kesehatan? Simak ulasannya.

Vika Widiastuti

Ilustrasi nasi (Pixabay/Hans)
Ilustrasi nasi (Pixabay/Hans)

Himedik.com - Tak sedikit orang yang memakan atau mengolah nasi yang dimasak kemarin. Nasi sisa kemarin biasanya digunakan untuk membuat nasi goreng.

Namun bagaimanakah efeknya bagi kesehatan? Amankah mengonsumsi nasi yang dimasak kemarin?

Menurut National Health Service (NHS) Inggris, mengonsumsi nasi yang dipanaskan berulang kali dapat menyebabkan keracunan. Namun bukan proses pemanasan ulang yang membuat masalah, melainkan cara penyimpanan setelah nasi dimasak.

Dilansir dari laman TimesofIndia, nasi yang dibiarkan terlalu lama dalam suhu kamar setelah dimasak dapat menjadi media pertumbuhan spora bakteri Bacillus cereus yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Bakteri tumbuh dengan cepat dan dapat menghasilkan racun yang dapat menyebabkan seseorang keracunan.

Itu sebabnya menurut para ahli, semakin lama membiarkan nasi setelah matang dalam suhu kamar maka semakin tidak aman untuk dikonsumsi.

Namun, jika Anda sudah memasak banyak nasi dan tidak bisa mengkonsumsinya sekaligus, maka jangan langsung dibuang. Anda dapat menyimpannya untuk hari berikutnya secara aman dengan mengikuti beberapa langkah sederhana berikut.

Pertama-tama, habiskan nasi segera setelah dimasak. Kedua, jika Anda memiliki banyak nasi, simpan segera, idealnya dalam 1 jam setelah nasi matang.

Anda bisa menyimpan nasi di lemari es Anda maksimal dalam waktu sehari. Hindari untuk memanaskannya lebih dari satu kali.

Ketika memanaskan nasi, pastikan panasnya mengepul sebagai tanda bahwa nasi dipanaskan dalam suhu maksimal. Dengan mengikuti langkah-langkah ini bakteri tidak akan mendapatkan kesempatan untuk tumbuh dan nasi sisa Anda akan aman untuk dikonsumsi. (SUARA.com/Firsta Nodia)

 

Berita Terkait

Berita Terkini