Info

Lima Manfaat Peppermint untuk Kesehatan, Salah Satunya Ringankan Nyeri Haid

Kandungan mentol dalam peppermint dapat meredakan nyeri pada beberapa wanita lho...

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Peppermint. (Pixabay/congerdesign)
Peppermint. (Pixabay/congerdesign)

Himedik.com - Serupa tapi tak sama, peppermint merupakan persilangan antara dua jenis mint yaitu water mint dan spearmint. Rasa dan aroma khas yang keluar dari daun ini berasal dari minyak pekat (minyak atsiri) di dalamnya.

Peppermint bisa dimanfaatkan untuk dijadikan teh atau diambil ekstraknya. Minyak peppermint tersedia dalam bentuk kapsul dan cairan yang bisa dikonsumsi atau dioleskan pada kulit. Dirangkum dari laman WebMD, berikut manfaat peppermint untuk kesehatan.

1. Obat sakit perut

Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, tapi beberapa penelitian telah menunjukkan peppermint dan obat-obatan herbal lainnya dapat meredakan sakit perut pada anak-anak. Penelitian lain menunjukkan itu juga dapat membantu meringankan mual dan muntah dari efek kemoterapi.

2. Meringankan sakit kepala

Bahan aktif dalam peppermint adalah mentol. Beberapa penelitian kecil menunjukkan zat tersebut dapat mengurangi rasa sakit akibat migrain.

Ini juga dapat mengurangi gejala lain seperti sensitivitas cahaya, mual, dan muntah. Tak hanya itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa mengoleskan minyak peppermint ke dahi dan pelipis dapat membantu menghilangkan sakit kepala karena tegang.

3. Membunuh kuman di mulut

Tidak hanya menyegarkan napas, sifat antibakteri dalam peppermint juga dapat membantu menghilangkan sumber bau dari kuman.

4. Meringankan nyeri haid

Kandungan mentol dalam peppermint dapat meredakan intensitas dan memperpendek jangka waktu nyeri pada beberapa wanita.

5. Membunuh bakteri berbahaya

Para ilmuwan menguji minyak peppermint pada bakteri seperti E. coli, listeria, dan salmonella. Hasilnya ditemukan bahwa itu dapat menghentikan pertumbuhan ketiganya.

Selain itu, minyak peppermint juga dapat membunuh Staphylococcus aureus, bakteri yang menyebabkan infeksi kulit, pneumonia, meningitis, dan banyak lagi.

Demikian lima manfaat peppermint untuk kesehatan. Semoga bermanfaat ya!

Berita Terkini