Info

Perlu Diketahui, Berikut Manfaat Melon untuk Kesehatan

Kamu yang suka makan melon, beruntung banget, lo.

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Buah Melon. (pixabay)
Buah Melon. (pixabay)

Himedik.com - Melon merupakan salah satu buah yang rendah kalori. Mengandung 64 kalori dalam satu cangkirnya, buah ini juga kaya akan vitamin dan mineral esensial.

Tak mengandung lemak jenuh, melon biasanya menjadi pilihan yang baik sebagai makanan penutup.

Melansir dari livestrong, melon mengandung empat nutrisi penting.

Vitamin C

Vitamin C adalah vitamin antioksidan yang memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan pemeliharaan semua jaringan dalam tubuh. Berfungsi dalam penyembuhan luka dan perbaikan tulang rawan, tulang dan gigi.

Orang dewasa harus mengonsumsi 90 mg vitamin C per hari. Satu cangkir blewah memberikan 65 mg vitamin C. Satu cangkir casaba melon menyediakan 37 mg vitamin C, dan melon madu menyediakan 30 mg.

Vitamin A

Vitamin A penting untuk kesehatan gigi, kulit, tulang, dan selaput lendir. Ini membantu sistem penglihatan dengan memberikan kesehatan retina.

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun. Blewah mengandung vitamin A tinggi, dengan lebih dari 25 persen dari jumlah harian yang disarankan dalam porsi 1 cangkir.

Buah Melon. (pixabay)
Buah Melon. (pixabay)

 

Kalium

Kalium adalah mineral penting dalam pemeliharaan kesehatan jantung. Mengonsumsi jumlah kalium yang cukup dalam makanan dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi dampak dari makanan yang mengandung banyak sodium.

Orang dewasa harus menerima 4700 mg potasium per hari. Blewah mengandung kalium tinggi, dengan 473 mg dalam porsi 1 cangkir. Honeydew mengandung 403 mg per sajian dan melon lainnya memiliki kadar yang lebih rendah.

Likopen

Warna merah pada semangka adalah likopen, antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel.

Konsumsi likopen telah dikaitkan dengan penurunan tingkat kanker tertentu dan penurunan risiko serangan jantung.

1 ½ cangkir semangka mentah mengandung sekitar 9 hingga 13 mg likopen. Semangka mengandung sekitar 40 persen lebih banyak likopen daripada satu porsi tomat mentah.

Berita Terkait

Berita Terkini