Info

Selain Enak, Ini Empat Manfaat Cokelat Hitam untuk Kesehatan

Cokelat hitam merupakan sumber antioksidan yang kuat.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Cokelat hitam. (pixabay)
Cokelat hitam. (pixabay)

Himedik.com - Cokelat hitam sarat dengan nutrisi yang secara positif dapat memengaruhi kesehatan. Bahkan studi menunjukkan bahwa cokelat hitam dapat meningkatkan kesehatan dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Dirangkum dari Healthline, berikut manfaat kesehatan cokelat hitam.

1. Sumber antioksidan yang kuat

ORAC adalah singkatan dari oxygen radical absorbance capacity (kapasitas penyerapan radikal oleh oksigen). Ini adalah ukuran aktivitas antioksidan makanan.

Pada dasarnya, para peneliti mengatur sekelompok radikal bebas (buruk) terhadap sampel makanan dan melihat seberapa baik antioksidan dalam makanan dapat "melucuti" radikal.

Relevansi biologis dari nilai ORAC dipertanyakan, karena diukur dalam tabung reaksi dan mungkin tidak memiliki efek yang sama dalam tubuh.

Namun, perlu disebutkan bahwa biji kakao mentah dan tidak diproses adalah di antara makanan dengan skor tertinggi yang telah diuji.

Cokelat hitam sarat dengan senyawa organik yang aktif secara biologis dan berfungsi sebagai antioksidan. Ini termasuk polifenol, flavanol dan katekin.

Satu studi menunjukkan bahwa cokelat dan cokelat hitam memiliki aktivitas antioksidan, polifenol dan flavanol lebih banyak daripada buah lainnya yang diuji, yang termasuk blueberry dan acai berry.

Cokelat hitam. (pixabay/StockSnap)
Cokelat hitam. (pixabay/StockSnap)

2. Dapat menurunkan tekanan darah

Flavanol dalam cokelat hitam dapat merangsang endotelium, lapisan arteri untuk menghasilkan nitric oxide (NO).

Salah satu fungsi NO adalah mengirim sinyal ke arteri untuk bersantai, yang menurunkan resistensi terhadap aliran darah dan karenanya mengurangi tekanan darah.

3. Dapat menurunkan risiko penyakit jantung

Senyawa dalam cokelat hitam tampaknya sangat protektif terhadap oksidasi LDL. Dalam jangka panjang, ini menyebabkan kolesterol yang disimpan dalam arteri jauh lebih sedikit, sehingga risiko penyakit jantung lebih rendah

Dalam sebuah penelitian terhadap 470 pria lanjut usia, kakao ditemukan untuk mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 50 persen selama periode 15 tahun.

Cokelat hitam. (pixabay/ulleo)
Cokelat hitam. (pixabay/ulleo)

4. Meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan menurunkan LDL (kolesterol jahat)

Dalam sebuah studi terkontrol, bubuk kakao ditemukan secara signifikan mengurangi kolesterol LDL teroksidasi pada pria. Ini juga meningkatkan HDL dan menurunkan LDL total untuk mereka yang memiliki kolesterol tinggi.

LDL teroksidasi berarti bahwa LDL telah bereaksi dengan radikal bebas. Ini membuat partikel LDL itu sendiri reaktif dan mampu merusak jaringan lain, seperti selaput pembuluh darah di jantung.

Cokelat hitam juga dapat mengurangi resistensi insulin, yang merupakan faktor risiko umum lainnya untuk banyak penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes.

Itulah empat manfaat cokelat hitam untuk kesehatan. Meski demikian, tetap batasi asupannya ya.

Berita Terkait

Berita Terkini