Info

Mau Lebih Sehat? Ikuti Tips Gaya Hidup Organik Berikut, yuk!

Tak hanya lebih sehat, menjalani gaya hidup organik juga membantu menjaga lingkungan menjadi lebih baik.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi gaya hidup organik. (Pixabay/Foundry)
Ilustrasi gaya hidup organik. (Pixabay/Foundry)

Himedik.com - Banyak orang berpikir bahwa gaya hidup organik hanyalah seputar makanan. Padahal menerapkan cara-cara yang ramah lingkungan dan menyehatkan juga menjadi bagian dari gaya hidup organik, lo.

Nah, untuk mencapai tujuan tersebut, berikut telah HiMedik rangkum dari laman doctoroz, cara untuk menjalani gaya hidup organik.

1. Menggunakan produk organik

Selain menyantap makanan organik, kamu juga perlu beralih menggunakan produk organik seperti handuk kertas atau kertas toilet yang terbuat dari bahan daur ulang.

Begitu pula produk permbersih organik yang mana tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa memberikan dampak buruk bagi lingkungan, serta lebih aman digunakan di sekitar anak-anak.

Ilustrasi kertas tisu organik. (Pixabay/Engin_Akyurt)
Ilustrasi kertas tisu organik. (Pixabay/Engin_Akyurt)


 
2. Cobalah berkebun sendiri

Cara terbaik untuk memastikan makanan yang kamu santap adalah makanan organik dan bebas pestisida adalah dengan menanamnya sendiri. Tak perlu lahan luas atau memiliki kemampuan berkebun yang mumpuni.

Kamu bisa memulai berkebun dalam pot dan menumbuhkan beberapa tanaman herbal yang perawatannya tidak susah. Bahkan pupuknya juga bisa dibuat sendiri.

Sisa-sisa makanan organik seperti sisa sayur, kulit buah, atau nasi bisa dibuat menjadi kompos dan dijadikan pupuk untuk tumbuhan yang ditanam.

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan (EPA), daripada membuang sisa makanan, Anda dapat membuat kompos untuk membuat pupuk sendiri dan mengurangi kebutuhan untuk menggunakan pupuk kimia di kebun.

Pengomposan juga membantu memperkaya tanah dan memungkinkan pertumbuhan bakteri menguntungkan. Lebih sehat dan ramah lingkungan bukan?

Ilustrasi berkebun dalam pot. (Pixabay/Engin_Akyurt)
Ilustrasi berkebun dalam pot. (Pixabay/Engin_Akyurt)

3. Siapkan tas belanjaan sendiri

Salah satu cara untuk mengurangi efek pemanasan global adalah mengurangi kantong plastik dan mulai menggunakan tas belanjaan sendiri. Jadi, saat berbelanja usahakan selalu membawa kantong belanjaan sendiri.

Dengan begitu kamu sudah membantu mengurangi jumlah penggunaan plastik yang ironisnya terkadang dibuang di lautan dan tak sengaja termakan oleh hewan laut.

Tas belanja ramah lingkungan. (Pixabay/MrsBrown)
Tas belanja ramah lingkungan. (Pixabay/MrsBrown)

4. Membeli produk lokal

Tak hanya mendukung perekonomian lokal, tetapi membeli dari bisnis lokal juga bagus untuk lingkungan. Menurut American Independent Business Alliance, membeli dari toko-toko lokal memiliki efek "green ripple".

Ini karena toko-toko lokal sering membawa produk-produk yang bersumber secara lokal. Artinya, mereka menghasilkan lebih sedikit lalu lintas dan polusi udara untuk sampai ke rak penjualan.

Memulai kebiasaan baru memang terasa sulit. Namun, setidaknya dengan sedikit perubahan kecil, kamu bisa memulai menuju gaya hidup sehat yang tentunya juga ramah lingkungan.

Berita Terkait

Berita Terkini