Info

Masuk Jejeran Tinggi Nutrisi, Ini 5 Manfaat Salmon

Apa saja kandungan salmon sehingga disebut makanan 'super'?

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Ikan salmon. (Pexels)
Ikan salmon. (Pexels)

Himedik.com - Salmon terkenal sebagai ikan yang tinggi akan nutrisi. Ikan ini adalah salah satu pilihan terbaik yang bisa kamu pilih dari sekian makanan laut.

Selain rasanya yang enak, salmon juga memiliki beberapa manfaat kesehatan, seperti dikutip dari medical daily.

1. Mengurangi peradangan

Kandungan asam lemak omega-3 dan vitamin B membuat makanan ini menjadi salah satu yang terbaik untuk melawan peradangan dalam tubuh.

Berkurangnya peradangan berarti risiko terkena penyakit jantung, stroke, kanker dan penyakit autoimun seperti lupus dan fibromyalgia juga berkurang.

2. Membantu penurunan berat badan

Salmon bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama karena kandungan lemak tak jenuh ganda dan protein. Selain padat nutrisi, salmon juga rendah kalori karena porsi 3,5 ons hanya mengandung 180 kalori.

Selain itu, tidak akan ada lonjakan kadar gula darah dengan kata lain kamu tidak akan mengalami penurunan tiba-tiba yang bisa menyebabkan rasa lapar.

Olahan salmon. (pixabay/cattalin)
Olahan salmon. (pixabay/cattalin)

3. Memelihara kulit

Salmon merupakan salah satu makanan super yang membantu meningkatkan kesehatan kulit. Melda Isaac, seorang dokter kulit bersertifikat di Washington, DC, mencatat vitamin D dalam ikan dapat membantu melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

Omega-3 mampu melawan tanda-tanda penuaan karena bisa mempertahankan kelembaban di kulit. Selain itu, nutrisi dalam salmon juga bisa menjaga elastisitas kulit dan membuatnya tampak kenyal.

4. Meningkatkan kesehatan tulang

Kombinasi asam lemak dan vitamin D dapat berkontribusi untuk kesehatan tulang. Vitamin diperlukan untuk membantu tubuh menyerap kalsium serta mengurangi risiko patah tulang dan osteoporosis.

Salmon. (nutritiouslife)
Salmon. (nutritiouslife)

5. Bermanfaat selama kehamilan

Menurut Food and Drug Administration, salmon adalah salah satu pilihan terbaik makanan laut yang rendah merkuri.

Protein, zat besi dan seng dapat membantu pertumbuhan bayi. Asam lemak omega-3, khususnya DHA, juga dapat memainkan peran penting dalam perkembangan otaknya. Direkomendaikan ibu hamil mengonsumsi 2 atau 3 porsi per minggu.

Berita Terkait

Berita Terkini