Info

Perhatikan, Ini 6 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi

Salah satunya adalah makanan kaleng termasuk sayur dan buah kaleng.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi buah kaleng. (pixabay/stevepb)
Ilustrasi buah kaleng. (pixabay/stevepb)

Himedik.com - Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menyebabkan komplikasi parah dan meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan kematian.

Tekanan darah merupakan kekuatan yang diberikan oleh darah ke dinding pembuluh darah. Tekanannya tergantung pada pekerjaan yang dilakukan oleh jantung dan resistensi pembuluh darah.

Hipertensi dan penyakit jantung merupakan masalah kesehatan global. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengusulkan bahwa pertumbuhan industri makanan olahan telah memengaruhi jumlah garam dalam makanan di seluruh dunia yang berperan dalam hipertensi.

Oleh sebab itu, jangan sembarangan menyantap makanan, terutama jika menderita hipertensi. Menurut Kementerian Kesehatan RI yang dirangkum dari cuitan akun Twitternya @p2ptmkemenkesRI, berikut enam kelompok makanan yang harus dihindari oleh penderita hipertensi.

1. Makanan yang diolah dengan menggunakan garam dapur, baking powder, soda. Contohnya biskuit, roti, kue, keripik atau makanan yang memiliki cita rasa asin.

2. Bumbu dapur yang mengandung monosodium glutamat (MSG), kecap, maggi, penyedap rasa, sambal botol, dan saus tomat.

Saus tomat. (Pixabay/TJENA)
Saus tomat. (Pixabay/TJENA)

3. Makanan yang diolah dengan garam dapur termasuk yang diawetkan seperti ikan asin, dendeng, sosis, abon, udang kering, ebi, terasi, telur asin, acar, asinan, tauco, telur pindang, daging asap, dan nugget.

4. Makanan yang diawetkan dalam kaleng seperti ikan sarden, kornet, sosis, termasuk sayur dan buah kaleng.

5. Minuman berkarbonasi dan soda.

6. Produk olahan susu, seperti margarin, mentega, dan keju.

Itulah makanan yang harus dihindari oleh penderita hipertensi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk rutin kontrol ke dokter ya!

Berita Terkait

Berita Terkini