Info

Agar Tak Iritasi dan Jerawatan, Ini Waktu yang Tepat untuk Mengganti Handuk

Handuk yang penuh dengan bakteri mendorong tumbuhnya jerawat dan menyebabkan iritasi.

Vika Widiastuti

Ilustrasi handuk (Pixabay/Alexas_Fotos)
Ilustrasi handuk (Pixabay/Alexas_Fotos)

Himedik.com - Meski digunakan untuk mengelap tubuh yang sudah bersih setelah mandi, handuk harus diganti secara rutin, lo. 

Ralitsa Prodanova, pakar kebersihan dari Fantastic Services, mengatakan handuk harus dicuci jika sudah digunakan setiap tiga atau empat kali. Alasannya, setiap kali kita menggunakan handuk untuk menggosok tubuh, sel-sel kulit mati akan menempel pada handuk.

"Jika Anda menghirup bau apek dari handuk, itu artinya bakteri itu sudah tumbuh di handuk itu. Tekstur handuk yang hangat dan lembab merupakan tempat berkembang biak yang sempurna untuk serangga dan kuman," ujar Prodanova seperti dilansir Suara.com dari Metro.

Jarang mencuci handuk secara teratur dapat menyebabkan iritasi kulit dan timbulnya jerawat. Candice Brown, ahli kecantikan kulit dari London Bridge Plastic Surgery dan Aesthetic Clinic, mengatakan, mengeringkan wajah dengan handuk kotor dapat memicu jerawat.

"Ketika Anda mengeringkan wajah dengan handuk, itu sama saja Anda meninggalkan minyak, kotoran dan sisa-sisa makeup di atasnya. Handuk yang penuh dengan bakteri mendorong tumbuhnya jerawat dan menyebabkan iritasi," imbuh dia.

Nah, selain rajin mencucinya setelah tiga hingga empat kali pemakaian, Anda harus tahu cara mencuci handuk yang benar. Pastikan untuk merendamnya dalam air panas untuk mematikan bakteri yang hidup di dalamnya. Lalu gunakan deterjen secukupnya untuk membersihkan sel kulit mati yang tertinggal.

"Taruh handuk Anda di dalam mesin pengering daripada membiarkannya mengering sendiri. Hal ini mencegah perkembangbiakan bakteri ketika handuk di jemur dalam kondisi basah yang butuh waktu untuk mengering sendiri," imbuh dia.

Ketika handuk tidak dibersihkan secara teratur, handuk tidak hanya sempurna untuk bakteri tinggal tetapi juga tidak efektif mengeringkan tubuh setelah mandi. Jadi jangan lupa ganti handuk Anda secara rutin ya! (Suara.com/Firsta Nodia)

Berita Terkait

Berita Terkini