Info

Bukannya Berobat, Pria Ini Malah Makan Batu untuk Atasi Kecemasan

Ia sering makan koin dan kerikil setiap kali merasa cemas.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilusrasi batu. (Pixabay/Hans)
Ilusrasi batu. (Pixabay/Hans)

Himedik.com - Gangguan kecemasan bisa menyerang siapa saja. Pria, wanita, bahkan orang tua sekalipun. Seperti pria berusia 54 tahun yang alami disabilitas intelektual ini.

Awalnya, pria yang berasal dari Korea Selatan itu mengeluh sakit perut dan membutuhkan bantuan medis. Setelah diperiksa, dokter mendapati perutnya kembung dan merasakan batu yang keras saat menyentuh perutnya.

Setelah dirontgen, ternyata ada sekumpulan benda padat menempati perutnya. Pria itu kemudian mengaku kepada dokter bahwa ia sering makan koin dan kerikil setiap kali merasa cemas.

Tidak jelas bagaimana dia bisa menelan semua benda padat itu. Tak perlu pikir panjang, dokter melakukan operasi padanya menggunakan metode gastroskopi, yang melibatkan memasukkan tabung fleksibel (endoskop) ke dalam perut.

Sayangnya, upaya tersebut gagal karena sebagian besar benda memakan ruang di dalam perutnya. Operasi diulang dengan prosedur sulit lain.

Upaya kedua berhasil. Tim ahli bedah berhasil mengekstraksi objek satu demi satu. Benda asing yang diekstraksi termasuk kerikil, koin, dan tutup botol.

Ilustrasi hasil rontgen. (Pixabay/rawpixel)
Ilustrasi hasil rontgen. (Pixabay/rawpixel)

Para dokter mengatakan tidak bisa dipastikan berapa lama benda-benda itu berada di dalam perutnya, dan setelah sembilan hari dirawat di rumah sakit Universitas Inje Ilsan Paik, pria itu dipulangkan.

Kasus ekstrem ini kemudian diteliti dan dipublikasikan oleh Dr Pyong Wha Choi dalam American Journal of Medical Case Reports.

Meski jarang terjadi, Dr Choi menyatakan bahwa benda asing yang tertelan lebih sering terjadi pada anak-anak karena mereka secara tidak sengaja atau mudah menelan benda-benda tersebut.

Namun demikian, benda asing yang paling sering tertelan oleh orang dewasa di antaranya tulang ayam atau ikan.

"Dalam kasus ini, meskipun pasien tidak mengeluh muntah, sejumlah besar kerikil dan koin di perutnya menyebabkan sakit perut."

"Begitu benda asing melewati kerongkongan, gejala yang terkait dengan hal itu jarang terjadi," kata Dr Choi seperti dilansir dari laman World of Buzz.

Berita Terkait

Berita Terkini