Info

Selain Enak dan Bergizi, Makan Udang Juga Berisiko, lho!

Kamu salah satu penggemar udang?

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Kamu salah satu yang suka makan udang? (Pixabay/GamerChef6)
Kamu salah satu yang suka makan udang? (Pixabay/GamerChef6)

Himedik.com - Udang merupakan salah satu makanan laut yang paling banyak disajikan di warung-warung makan saat ini.

Melansir dari medical daily, makanan laut ini rendah kalori dan juga lemak, terutama lemak jenuh yang berbahaya. Satu porsi udang olahan 3 ons diperkirakan mengandung 100 kalori dan 1,4 gram total lemak.

Porsi yang sama juga memberikan hampir 20 gram protein. Nutrisi lain yang ditemukan dalam udang termasuk selenium, zat besi, yodium, fosfor, niasin, seng, dan magnesium, menurut Robin Danowski , asisten profesor nutrisi di La Salle University.

Nutrisi itu bisa memberikan sejumlah manfaat, seperti meningkatkan energi, fungsi sistem kekebalan tubuh, kesehatan tiroid, mengurangi peradangan, dan risiko beberapa penyakit kronis.

Namun, udang bisa berisiko jika kamu menderita alergi kerang. Kamu mungkin terpapar kontaminan saat mengonsumsi udang budidaya karena berasal dari peternakan yang menggunakan bahan kimia.

Kamu salah satu yang suka makan udang?. (Pixabay/Free-Photos)
Kamu salah satu yang suka makan udang?. (Pixabay/Free-Photos)

Menurut American Heart Association, dua porsi makanan laut per minggu sangat direkomendasikan.

Namun, pedoman dari asosiasi juga mengatakan bahwa seseorang tidak boleh mengonsumsi lebih dari 300 miligram kolesterol makanan per hari. Udang mengandung kolesterol cukup tinggi karena sajian 3 ons mengandung hampir 180 miligram.

Jika kamu ingin makan udang, pastikan kamu menyesuaikan sisa makananmu sehingga tidak melampaui batas kolesterol harian.

Keating juga menekankan bagaimana metode memasak udang dapat membuat perbedaan besar. "Hindari menggoreng udang yang bisa menambah lemak. Pilihan paling sehat adalah memanggang atau mengukusnya," tambahnya.

Berita Terkait

Berita Terkini