Info

Lima Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan, Bisa Bantu Lawan Kanker lho!

Lengkuas terbukti memiliki kemampuan untuk mencegah kanker lambung, leukemia, melanoma, dan masih banyak lagi.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Lengkuas. (Pixabay/Suanpa)
Lengkuas. (Pixabay/Suanpa)

Himedik.com - Bumbu dapur yang menyerupai jahe ini sebenarnya masih bagian dari keluarga jahe. Kerap digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata lengkuas memiliki manfaat kesehatan.

Memiliki nama ilmiah Alpinia galanga, tanaman ini sudah sejak lama dimanfaatkan untuk pengobatan Timur tradisional. Dirangkum dari Boldsky, berikut manfaat lengkuas untuk kesehatan.

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Lengkuas dinyatakan memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun yang ada di tubuh. Dengan melakukan itu, lengkuas meningkatkan sirkulasi darah dan memungkinkan masuknya nutrisi ke jaringan kulit.

Demikian juga, sifat antioksidan yang dimilikinya mencegah racun berbahaya tersimpan dalam tubuh, sehingga aktivitas sistem peredaran darah meningkat.

2. Meredakan asma

Efek antispasmodik yang dimiliki oleh lengkuas membantu mengurangi dahak, serta melebarkan bronkiolus untuk mengurangi kadar asma.

Lengkuas. (pinterest)
Lengkuas. (pinterest)

3. Meredakan masalah pencernaan

Lengkuas kaya akan serat makanan dan fitokimia yang membantu meningkatkan pencernaan. Ini membantu dalam mengelola masalah terkait pencernaan, karena mengurangi sekresi asam ludah dan pencernaan.

Seseorang yang menderita maag dapat memanfaatkan lengkuas untuk mengatasi masalah terkait pencernaan. Termasuk untuk memberikan bantuan seseorang yang mengalami anoreksia dan sakit perut.

Terlepas dari ini, rimpang ini juga dikatakan memiliki kemampuan untuk menyembuhkan limpa yang membesar. Serta aromanya yang kuat dapat membantu mengobati mual. Sedangkan efek karminatif lengkuas dapat membantu meringankan perut kembung.

Salah satu manfaat lain yang berhubungan dengan pencernaan dari ramuan ini adalah dapat digunakan sebagai obat diare karena efek antibakterinya.

Lengkuas. (pinterest)
Lengkuas. (pinterest)

4. Melawan kanker

Lengkuas terbukti memiliki kemampuan untuk mencegah kanker lambung, leukemia, melanoma, kanker pankreas, kanker usus besar, kanker payudara, kanker hati, dan kolangiokarsinoma (kanker saluran empedu).

Karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya, rimpang ini membantu menurunkan kerusakan yang disebabkan oleh DNA, radikal bebas, dan unsur-unsur beracun lainnya.

Kehadiran flavonoid yang dikenal sebagai galanin memainkan peran sentral dalam mencegah timbulnya kanker karena memodulasi aktivitas enzim dan menghancurkan genotoksisitas.

5. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Lengkuas membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kontraksi jantung dan curah jantung dengan meningkatkan suplai darah ke semua organ vital.

Jadi, tak hanya sebagai bumbu masakan, lengkuas juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai manfaat kesehatan di atas.

Berita Terkait

Berita Terkini