Info

5 Cara Mudah Kurangi Nyeri Leher dan Punggung di Kantor

Duduk berjam-jam di depan komputer menyebabkan leher dan punggung pegal.

Rauhanda Riyantama | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Ilustrasi nyeri di bagian leher. (PIxabay/filmwithmark)
Ilustrasi nyeri di bagian leher. (PIxabay/filmwithmark)

Himedik.com - Jika Anda harus menghabiskan banyak waktu di depan komputer ketika bekerja, kemungkinan Anda akan berdiam dengan posisi tubuh yang buruk selama berjam-jam. Anda pun berisiko mengalami nyeri leher dan punggung akibat kebiasaan ini.

Untuk menghindarinya, berikut adalah 5 tips mudah dari Spine-health.com yang bisa mengurangi rasa tak nyaman pada leher dan punggung Anda di tempat kerja:

1. Duduk dengan postur yang benar

Letakkan kaki Anda rata di lantai dan jaga agar punggung Anda sejajar dengan kursi. Kepala atau leher Anda harus dalam posisi netral dengan telinga tepat di atas bahu.

Agar punggung tak membungkuk dan membuat kepala serta bahu merosot ke depan, sesuaikan tinggi kursi agar paha Anda sedikit miring ke bawah. Posisi ini membuat berat badan Anda ditopang secara seimbang oleh tulang duduk Anda.

2. Sesuaikan ketinggian monitor dan penempatan keyboard

Tempatkan monitor komputer Anda tepat di depan mata, dengan bagian tengah layar sejajar dengan hidung Anda. Jika monitor terlalu rendah, Anda akan menundukkan kepala ke bawah dan meningkatkan tekanan pada leher.

Posisikan keyboard cukup dekat dengan Anda sehingga siku Anda tertekuk sekitar 90 derajat saat mengetik. Tempatkan keyboard pada posisi yang cukup tinggi, sehingga Anda tidak dipaksa untuk memerosotkan bahu. Tempatkan mouse pada ketinggian yang sama dengan keyboard.

Ilustrasi bekerja di depan komputer - (Pixabay/StartupStockPhotos)
Ilustrasi bekerja di depan komputer - (Pixabay/StartupStockPhotos)

3. Lebih banyak berdiri

Setiap hari, cobalah untuk berdiri setidaknya satu atau dua jam ketika seharusnya Anda duduk untuk bekerja. Salah satu cara yang populer adalah menggunakan meja berdiri.

4. Kurangi penggunaan ponsel

Orang cenderung menundukkan kepala ketika melihat layar ponsel dan tablet, terutama saat menggunakan layar sentuh. Padahal, posisi kepala yang menunduk terlalu lama dapat menyebabkan ketegangan otot yang menyakitkan dalam jangka pendek dan dapat lama kelamaan menyebabkan cedera piringan sendi atau sendi dalam jangka panjang.

Kalau bisa, balaslah email melalui komputer desktop daripada ponsel, untuk sedikit membantu memperbaiki postur.

5. Berjalan-jalan

Berjalanlah di sekitar kantor setiap setengah jam untuk mengurangi risiko sakit punggung, leher, dan/atau bahu. Pasang saja alarm tanpa bunyi pada ponsel Anda setiap 30 menit.

Mungkin Anda tidak akan bisa selalu berdiri begitu alarm bunyi, tetapi cara ini setidaknya menjadi pengingat yang baik bahwa Anda telah duduk cukup lama, terutama jika Anda melewatkan alarm beberapa kali berturut-turut.

Jika Anda mencoba salah satu tips ini, atau lebih, hari-hari Anda akan terasa lebih sehat dan lebih produktif.

Berita Terkait

Berita Terkini