Info

Waspada, Ini Bahayanya Kebiasaan Menggigit Kuku untuk Kesehatan

Menggigit kuku adalah hal yang sangat tidak sehat.

Vika Widiastuti

Ilustrasi menggigit kuku (Unplash/ian dooley)
Ilustrasi menggigit kuku (Unplash/ian dooley)

Himedik.com - Apakah Anda memiliki kebiasaan menggigit kuku? Jika iya sebaiknya dihentikan dari sekarang karena kebiasaan tersebut ternyata bisa memicu masalah kesehatan

Robin Evans, MD, dokter kulit dari Southern Connecticut Dermatology sekaligus instruktur klinis di Albert Einstein College of Medicine di New York City menjelaskan, menggigit kuku dapat membuat kuku semakin pendek sehingga meningkatkan risiko terkena kutikula dan infeksi bakteri atau jamur.

Saat kuku Anda semakin pendek dan Anda tetap mengigitnya, akan ada darah terekspos di jari Anda dan membuka kulit terhadap virus lain seperti kutil dan bahkan infeksi jamur.

"Dan jika Anda menggigit kuku dalam waktu yang cukup lama, akar kuku akan rusak. Hal ini dapat menyebabkan kuku terlihat cacat dan, terus terang, keriput," kata Susan Bard, MD, dokter kulit bersertifikat di Vive Dermatology Surgery and Aesthetics di New York City.

Selain semua itu, tentu saja, menggigit kuku adalah hal yang sangat tidak sehat.

Ilustrasi kuku. (Shutterstock)
Kebiasaan menggigit kuku bisa mendatangkan masalah kesehatan. (Shutterstock)

"Anda tidak hanya dapat memindahkan infeksi dari tangan kotor ke mulut, tetapi juga dapat memindahkan infeksi dari mulut ke tangan Anda," kata Dr. Bard, dikutip Suara.com dari Women's Health Mag.

Itulah alasan mengapa kebiasaan menggigit kuku tidak baik bagi kesehatan. Jika Anda memiliki kebiasaan ini, sebaiknya segera berhenti ya. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Berita Terkait

Berita Terkini