Info

Anggap Peliharaan Jelek, Pemilik Bawa Kucingnya Operasi Kelopak Mata Ganda

Wanita dari Nanjing, China itu membayar 10.000 yuan (sekitar Rp21.036.500) untuk operasi kelopak mata kucingnya karena menganggap monolidnya terlalu jelek.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Kucing. (Pixabay/Alexas_Fotos)
Kucing. (Pixabay/Alexas_Fotos)

Himedik.com - Sah-sah saja jika kita ingin operasi plastik atas kehendak diri sendiri. Namun, jika kita membawa hewan peliharaan untuk operasi padahal mereka tidak membutuhkannya, maka itu secara tidak langsung kita melakukan pemaksaan.

Kita tidak tahu bagaimana  perasaan  hewan-hewan itu. Sayangnya itu malah dilakukan oleh pemilik kucing yang berasal dari China ini.

Menurut Daily Mail yang dilansir dari World of Buzz, pemilik hewan peliharaan di China mendapat banyak kritikan karena membawa kucingnya untuk operasi plastik.

Wanita dari Nanjing, China itu membayar 10.000 yuan (sekitar Rp21.036.500) untuk operasi kelopak mata kucingnya karena dia pikir monolidnya terlalu jelek.

Untuk menambahkan kelopak mata tambahan, dokter hewan akan membuat luka pada setiap kelopak matanya dengan pisau bedah, kemudian lipatan ditambahkan.

Setelah mencukur bulunya, garis jahitan juga bisa terlihat di setiap mata. Seorang anggota staf di Rumah Sakit Rupeng di Nanjing berbagi bahwa saat ini operasi kelopak mata ganda untuk hewan peliharaan semakin umum.

Ilustrasi operasi. (Pixabay/skeeze)
Ilustrasi operasi. (Pixabay/skeeze)

Dia juga menunjukkan bahwa operasi itu sangat populer untuk pemilik anjing yang ingin hewan peliharaan mereka bersaing dalam pertunjukan bakat.

Namun, ia menambahkan bahwa prosesnya sangat tidak nyaman dan dapat membawa risiko kesehatan.

Setelah berita tentang kejadian itu menjadi viral, banyak netizen marah pada tindakan pemilik hewan peliharaan itu.

Kolom komentar di situs China, Weibo, dibanjiri oleh orang-orang yang mengutuk tindakannya, mengatakan bahwa tindakannya tidak dapat dibedakan dari kekerasan hewan.

Meskipun operasi plastik kadang-kadang bermanfaat bagi hewan peliharaan, mereka tetap tidak harus mengalami rasa sakit yang tidak perlu demi kepuasan pemiliknya.

Sementara itu, telah terungkap juga bahwa salah satu prosedur yang paling umum untuk anjing adalah pengencangan perut karena dapat mencegah infeksi bakteri.

Mereka juga menjalani prosedur lubang hidung laser untuk membantu anjing berhidung keriput bernafas lebih mudah.

Namun, sebaiknya kita ingat bahwa kita tidak boleh membawa hewan peliharaan untuk operasi plastik kecuali jika benar-benar diperlukan.

Berita Terkait

Berita Terkini