Info

Sering Berkeringat Saat Diminta Berbicara? Kenali Gejala Fobia Sosial

Kebanyakan kondisi ini dialami oleh anak perempuan.

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Ilustrasi. (unsplash)
Ilustrasi. (unsplash)

Himedik.com - Fobia sosial seringkali disebut mutisme selektif atau gangguan kecemasan. Kondisi ini menyebabkan anak menghindari berbicara dalam situasi tertentu, seperti di sekolah.

Melansir dari Webmd, seseorang biasanya akan mulai berkeringat, tenggorokan kering dan merasa seperti tersedak ketika diminta untuk berbicara.

Tidak berhenti di situ, kondisi ini juga bisa membuat jantung berdetak lebih cepat, cemas, berkeringat, pernapasan menjadi lebih cepat dan dangkal.

Gangguan ini didefinisikan sebagai ketakutan yang intens yang dinilai buruk dalam situasi sosial.

Mereka yang berada dalam kondisi ini sering menyalahgunakan alkohol atau bahkan menganggap bunuh diri adalah jalan terbaik.

Ilustrasi anak alami kekerasan (Pixabay/akiragiulia)
Ilustrasi. (Pixabay/akiragiulia)

 

Timbulnya fobia sosial dapat terjadi karena sebuah peristiwa spesifik yang memalukan atau berkembang secara diam-diam selama bertahun-tahun.

Bagi sebagian orang, fobia sosial terbatas pada beberapa situasi yang sangat spesifik, seperti berbicara di depan umum.

Bagi yang lain, fobia sosial lebih meluas ke hampir semua situasi sosial. Kabar buruknya adalah jika tidak diobati, fobia sosial biasanya merupakan penyakit kronis seumur hidup.

Berita baiknya adalah sekarang ada beberapa perawatan efektif untuk gangguan terapi perilaku kognitif.

CBT bisa membantu penderita fobia sosial memeriksa, menantang dan mengubah banyak asumsi irasional tentang diri mereka sendiri dan orang lain.

Berita Terkait

Berita Terkini