Info

Penemu Kalkulator Jerry Merryman Meninggal di Usia 86 Tahun

Jerry Merryman telah dirawat di rumah sakit sejak Desember 2018.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Kalkulator - (Pixabay/NjoyHarmony)
Kalkulator - (Pixabay/NjoyHarmony)

Himedik.com - Jerry Merryman, salah satu penemu kalkulator elektronik genggam, telah meninggal pada 27 Februari 2019. Ia mengembuskan napas terakhirnya di usia 86 tahun.

Berdasarkan keterangan putri tirinya, Kim Ikovic, dikutip Himedik.com dari USA Today, Rabu (6/3/2019) pekan lalu, Merryman meninggal di rumah sakit di Dallas karena komplikasi gagal jantung dan ginjal.

Ikovic mengatakan, Merryman dirawat di rumah sakit sejak akhir Desember setelah mengalami komplikasi selama operasi untuk memasang alat pacu jantung.

Pria yang dikenal brilian, baik, dan memiliki selera humor bagus ini adalah satu dari tiga pria yang berjasa atas penemuan kalkulator genggam saat bekerja di Texas Instruments. Tim ini dipimpin oleh Jack Kilby.

''Saya memiliki gelar PhD dalam ilmu material dan saya sudah kenal ratusan ilmuwan, profesor, pemenang hadiah Nobel dan sebagainya. Jerry Merryman adalah pria paling cerdas yang pernah saya temui. Titik. Benar-benar luar biasa cemerlang,'' kata Vernon Porter, mantan kolega dan teman TI Merryman.

''Dia memiliki ingatan yang luar biasa dan dia memiliki kemampuan untuk mendapatkan formula, informasi, pada hampir semua subjek,'' imbuh Porter.

''Jerry melakukan desain sirkuit pada benda ini dalam tiga hari, dan jika dia masih ada, dia akan membungkuk dan berkata, 'dan (tiga) malam','' ungkap mantan kolega dan teman TI lainnya, Ed Millis.

Berita Terkait

Berita Terkini